Senin , 9 Desember 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Lomba Tahfidz Tingkat SMP

Lomba Tahfidz Tingkat SMP

Noprianto

CURUP – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong (RL), berencana akan menggelar kegiatan lomba Tahfidz tingkat SMP/MtS sederajat. Kegiatan ini dirancang akan terlaksana paad Agustus 2019 mendatang. Ini disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Kabupaten RL Drs. Noprianto, MM kepada RB.

Dijelaskan Nopri, lomba tahfidz alquran tersebut akan diikuti oleh 34 SMP Negeri, SMP IT, MtS dan SMP swasta lainnya. Dalam perlombaan nantinya, para peserta akan dibagi menjadi dua kategori, yaitu untuk SMP umum serta kategori SMP IT dan MtS. ‘’Jadi nanti dibedakan, antara SMP umum dan SMP IT serta MtS. Karena SMP IT dan MtS, mereka memiliki pajaran khusus tahfidz. Sedangkan SMP umum, meskipun disekolah ada atau dapat pelajaran ilmu tahfids, namun didaptkan di kegiatan exskul,’’ terang Nopri.

Dilanjutkan Nopri, diharapkan masing-masing sekolah mengirimkan minimal satu peserta putra dan satu putri. Karena kegiatan ini diharapkan, selain sebagai dukungan menuju Rejang Lebong menjadi Kabupaten Religius, juga sebagai untuk mencari dan menggali bakat tahfidz Alquran sejak dini.

‘’Selain mndapatkan sertifikat dan uang pembinaan, pemenanga akan kita arahkan mendapatkan pembinaan berkelanjutan dari Bagian Kesra Setkab Rejang Lebong untuk dibina menjadi bibit utusan dalam even even MTQ khususnya di bidang Tahfidz. Karena dari kegiatan ini kita bisa melihat sejauh mana potensi pelajar SMP dalam bidang lomba Tahfidz di Kabupaten Rejang Lebong,’’ lanjut Nopri.

Ditambahkan Nopri, mereka sudah melakukan sosialisasi terkait rancangan lomba tersebut kepada seluruh sekolah. Sehingga diharapkan sekolah bisa mengirim perwakilan mereka. ‘’Kegiatan lomba Tahfidz ini juga kita harapkan menjadi ajang motivasi bagi sekolah agar mencari dan menggali potensi serta bakat anak didik mereka di sekolah, tidak hanya sebatas mata pelajar. Melainkan bisa dari bidang agama, olahraga dan bidang lain diluar ilmu mata pelajaran,’’ demikian Nopri.(dtk)

Berita Lainnya

Fokus Kembangkan Potensi Wisata Rejang Lebong

CURUP – Bupati Rejang Lebong Dr. H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si mengungkapkan, mereka akan fokus ...

error: Content is protected !!