Kamis , 12 Desember 2019
Home / Metropolis / Luka Parah, Tangan Beruang Madu Diamputasi

Luka Parah, Tangan Beruang Madu Diamputasi

AMPUTASI: Anak beruang madu berjenis kelamin betina yang berumur enam bulan mengalami luka yang cukup parah di bagian tangannya dan terpaksa harus diamputasi, Kamis  (18/7).(foto: yudi/rb)

BENGKULU – Anak beruang Madu (Helarctos Malayanus) berjenis kelamin betina yang berumur enam bulan ditemukan dalam kondisi terperangkap jerat tali nilon pada Senin (15/7) lalu. Naasnya, tangan kanan beruang madu yang terkena jerat nilon tersebut terpaksa harus diamputasi, lantaran mengalami luka hingga menyebabkan ematian sel dan jaringan.

Tim kesehatan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu, Drh Erni Suyanti menjelaskan pihak kesehatan terpaksa menghilangkan jari dan telapak tangan anak beruang madu yang berumur enam bulan itu. Awalnya saat pertama kali diselamatkan, kondisi anak beruang madu tersebut memang ada pembengkakan yang terjadi di luka bekas jerat dan kemudian hanya luka lecet yang terlihat. Namun setelah diobservasi lebih lanjut ternyata  lukanya sudah parah.

“Beruang madu inikan direscue pada 15 juli kemarin, setelah itu kita lakukan observasi selama 2 hari, ternyata lukanya sudah parah dan terpaksa kita ambil tindakan amputasi,” jelasnya.

Ia menambahkan, tim kesehatan BKSDA Bengkulu akan kembali mengobservasi anak beruang madu tersebut terkait amputasi yang dilakukan dan apakah berpengaruh terhadap gaya hidup sehari-harinya tangannya yang diamputasi. Ia juga mengatakan, untuk proses penyembuhan total akibat amputasi ini diperkirakan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sebelumnya, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu berhasil menyelamatkan seekor anak beruang madu dari jerat pemburu liar pada Senin (15/7) lalu di Kawasan Kecamatan Seluma Utara, Kabupaten Seluma.(cup)

Berita Lainnya

Pohon Tumbang Nyaris Celakai Pengendara

BENGKULU– Hujan badai dan angin kencang yang melanda Kota Bengkulu Rabu (11/12) petang sekitar pukul ...

error: Content is protected !!