Selasa , 10 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Pembangunan Harus Maksimal

Pembangunan Harus Maksimal

Ade Crishtian

BENTENG – Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019, naik dari Rp 98 M menjadi Rp 111.163.857 untuk 142 desa. Harusnya bisa dimanfaatkan maksimal untuk pembangunan desa. Kabid Anggaran Badan keuangan Daerah (BKD) Benteng, Ade Crishtian S.STP mengatakan  persertujuan kenaikan tersebut sudah langsung  dari pemerintah pusat. “Desa bisa lebih maksimal untuk membangun,” jelasnya.

Untuk proses penerima, masih menggunakan metode 20:40:40.  Namun, perlu diingatkan kembali, semua desa yang akan menerima DD untuk mengurus syarat sesuai aturan. Terutama untuk laporan realisasi kegiatan DD sebelumnya harus melalui verifikasi mulai dari tingkat Kecamatan, Ipda dan Dinas PMD. Setelah itu, baru DD bisa disalurkan ke masing-masing rekening desa.

“Adapun pembagian jumlah DD setiap desa juga tidak akan sama. Sistem penghitungan seperti luas wilayah, jumlah penduduk sangat mempengaruhi besaran jumlah DD yang didapat oleh masing-masing desa. Tentunya desa dengan luas wilayah kecil dan jumlah penduduk yang sedikit tidak akan lebih banyak mendapatkan DD,” terangnya.

Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa se Kabupaten Benteng, Sutan Muklis SH mengatakan anggaran DD memang sangat diperlukan terutama untuk mempercepat pembangunan di desa. Seperti halnya Desa Rindu Hati yang dipimpinnya. Berbagai pembangunan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat dilakukan. Dengan adanya pembangunan ekonomi, diharapkan akan membuka lapangan pekerjaan. Tentunya akan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa.

“Kami membangun yang bisa digunakan dan juga bisa memberdayakan warga desa,” demikian Sutan.(vla)

Berita Lainnya

Asosiasi Sepak bola Kabupaten Bengkulu Tengah Minta Bangun Stadion

BENTENG – Setelah terpilihnya susunan Pengurus Asosiasi Sepak bola Kabupaten Bengkulu Tengah, pengurus meminta ke ...

error: Content is protected !!