Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Pemkab Arahkan Program Inovasi Desa

Pemkab Arahkan Program Inovasi Desa

ARAHKAN: Asisten III Setda Bengkulu Selatan mengarahkan agar masyarakat desa berinovasi untuk membagun desa.(foto: rio/rb)

KOTA MANNA–Desa-desa di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) diarahkan ada program inovasi desa. Program itu tak lain untuk menunjang perekonomian masyarakat.

Hal ini dijelaskan Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan, Arjo Arifin, MM, saat membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa tahun 2019, Kamis (18/7).

“Silahkan berkreasi serta berinovasi untuk bangun desa. Nanti dari situ perekonomian masyarakat akan timbul,” terang Arjo.

Dalam membangun desa, Arjo berpesan supaya tidak jalan sendiri-sendiri. Antara desa, kecamatan, pemerintah daerah, Polsek, dan Danramil, tokoh masyarakat, serta seluruh stakeholder agar bersinergi.

‘’Dalam membangun desa tidak bisa bergerak sendiri-sendiri. Perlu bersama-sama supaya  program pembangunan berjalan dengan baik,” ujar Arjo.

Bursa Inovasi Desa ini, adalah ajang untuk bertukar informasi, ilmu, dan ide di dalam membangun desa. Ada 3 bidang inovasi desa yang ditawarkan pada Bursa Inovasi Desa.

Yakni bidang infrastruktur, Kewirausahaan, dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Setiap desa itu diminta memberikan ide-ide terkait pembangunan desa. Selain itu juga diminta buat komitmen untuk merealisasikan dari salah satu menu program kegiatan yang  ditawarkan dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa untuk dilaksanakan tahun 2020.

“Yang jelas ada komitmen untuk membangun desa melalui program yang ada. Minimal ada satu program yang jelas,” papar Arjo.

Perlu diketahui peserta Bursa Inovasi Desa berasal dari perwakilan desa. Setiap desa diwakili 3 orang. Yakni kepala desa, ketua BPD, dan tokoh masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan yang digelar di Aula Pertemuan Kantor Camat Kota Manna itu yakni Camat Pasar Manna, Camat Kota Manna, Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD, unsur Tripika, Pedamping Desa, Tim Inovasi serta kecamatan dan undangan lainnya.(tek)

Berita Lainnya

Lusa, Jamaah Haji Tiba di Tanah Air

PASAR MANNA – Jamaah Haji Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) yang tergabung dalam Kloter 8 Padang ...

error: Content is protected !!