Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Daerah / Kaur / Uang Dipindahkan ke Rekening Pribadi

Uang Dipindahkan ke Rekening Pribadi

Alman Noveri

KOTA BINTUHAN – Sepertinya, dalam dugaan korupsi dana desa (DD) di Desa Papahan Kecamatan Kinal, hanya ada tersangka tunggal. Yakni As, Kades Papahan. Sebab dari hasil pemeriksaan penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kaur, kades main sendiri dalam mengelola DD tersebut. Uang DD yang sudah masuk ke rekening kas desa, ditarik kades dan dimasukkan dalam rekening pribadi miliknya. Selain itu, banyak kegiatan pembangunan fisik yang ditangani langsung oleh kades sendiri. Kendati demikian tidak menutup kemungkinan ada pelaku lain nantinya setelah dilakukan pengembangan. Saat ini penyidik tengah mengumpulkan barang bukti. Terutama untuk kegiatan pembangunan sumur bor tahun 2018. Penyidik juga telah menggeledah rumah Kades Papahan untuk mencari barang bukti.

“As ini dalam menjalankan DD itu sendiri dan nampaknya main tunggal. Jadi belum dapat kita pastikan ada tersangka baru atau tidak. Yang pasti dengan barang bukti yang ada kita lakukan pemeriksaan lebih lanjut nantinya,” kata Kajari Kaur Douglas P Nainggolan, SH, MH melalui Kasi Pidsus Alman Noveri, SH, MH.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap kasus DD Papahan Kecamatan Kinal. Saat ini pihak Kejari Kaur juga masih terus melakukan koordinasi dengan auditor terkait dengan pengusutan DD di Desa Tanjung Kemuning II. Saat ini kasus ini juga sudah naik ke tingkat penyidikan. “Untuk Tanjung Kemuning II, kita menunggu hasil audit saja lagi. Setelah itu baru akan kita lakukan pemeriksaan lanjutan. Untuk sementara itu yang sedang kita kerjakan,” kata Kasi Pidsus Kejari Kaur.

Anggaran DD Tanjung Kemuning II yang diusut oleh Kejari Kaur adalah tahun anggaran 2016, sejumlah Rp 600 juta. Belum dijelaskan secara detil penggunaan DD tersebut dan dugaan penyimpangannya.(cik)

Berita Lainnya

Kelelahan Jemaah Haji Asal Kaur Meninggal di Padang

KOTA BINTUHAN – Siang ini,  Sabtu (24/8) jemaah haji asal Kabupaten Kaur tiba di Kaur. ...

error: Content is protected !!