Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Daftar Sekarang, Berangkat Haji 14 Tahun Lagi

Daftar Sekarang, Berangkat Haji 14 Tahun Lagi

CJH: Ratusan CJH Mukomuko bersiap berangkat menuju Embarkasi Antara Bengkulu.(foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Daftar tunggu keberangkatan calon jamaah haji (CJH) Mukomuko, kini sudah mencapai 2.605 orang. Dengan asumsi kuota keberangkatan pertahunnya 211 CJH. CJH yang sudah terdaftar selesai diberangkatkan tahun 2028 mendatang. Artinya, jika baru sekarang mendaftar naik haji, 14 tahun yang akan datang baru bisa berangkat.

“Itu kalau kuotanya masih tetap dipertahankan 211 orang. Kalau kembali ke kuota sebelumnya hanya 178 orang. Itu akan lebih lama lagi. Kalau kuota keberangkatan dapat tambahan lagi, lebih dari 211 itu, mudah-mudahan akan bisa lebih cepat waktu tunggunya,” kata Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Mukomuko, Drs. H. Ajamalus, MH.

Dibagian lain, Ajamalus mengemukakan keluhan yang kerap muncul dari CJH. Atas pelaksanaan manasik haji yang digelar selama ini. Lantaran jauhnya jarak ibukota kabupaten, sebagai pusat penyelenggaraan kegiatan haji, dengan tempat tinggal CJH.

Akibat dari jauhnya jarak dan rentan kendali itu, pelaksanaan kegiatan manasik haji yang dipusatkan di ibukota kabupaten menjadi kurang efektif. Diskusi materi haji yang disampaikan, lambat dipahami. Karena jamaah setiba di Kota Mukomuko, sudah kelelahan. Sebab mereka menempuh jarak, ada yang dua jam hingga tiga jam, baru tiba di lokasi manasik haji.

“Ini memerlukan kebijakan secara bersama-sama, dengan pemerintah kabupaten (Pemkab). Untuk bisa memfasilitasi, melaksanakan manasik haji dengan beberapa titik. Yang itu akan mendekatkan rentan kendali dan jarak dengan calon jamaah haji,” harap Ajamalus.

Kendala lainnya, belum tersedianya kendaraan dinas operasional haji. Ini sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan dokumen-dokumen haji, serta penjemputan logistik di Bengkulu. Apalagi sesuai instruksi Dirjen Haji Kemenag RI, untuk 2020 mendatang, akan dilaksanakan penyelenggaraan haji dini. Artinya, proses penyiapan penyelenggaraan haji dipercepat.

“September 2019 nanti sudah mulai proses penyelesaian dokumen-dokumen yang berkenaan dengan penyelenggaraan ibadah haji, untuk keberangkatan tahun 2020. Oleh karenanya, kami berharap sebagai penanggungjawab teknis penyelenggaraan haji. Kedepan, berkenan kiranya Bupati memberikan bantuan pinjam pakai, paling tidak selama penyelenggaran ibadah haji,” pungkas Ajamalus. (hue)

Berita Lainnya

Kekeringan Sawah Terancam Meluas

MUKOMUKO – Kekeringan lahan persawahan di Kabupaten Mukomuko terancam meluas. Sebab aksi rebutan air antar ...

error: Content is protected !!