Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Dewan Siapkan Anggaran Pengganti Tanam Tumbuh Eks HGU

Dewan Siapkan Anggaran Pengganti Tanam Tumbuh Eks HGU

SURAT: Anggota DPRD Benteng, Evi Suanti, S.IP saat memberikan surat tembusan Kementerian ATR/BPN kepada pihak pengelola PT BRI mengenai batas waktu berlakunya HGU.(foto: finta/rb)

BENTENG – Proses pengambilan lahan eks HGU PT Bumi Rafflesia Indah (BRI) di Kecamatan Semidang Lagan dan Talang Empat, tidak hanya mengambil saja. Karena, nantinya akan ada ganti tanam tumbuh untuk tanaman yang berada di atas lahan tersebut, berdasarkan kajian tim ahli penghitungan ganti rugi. Hal ini sudah juga ditegaskan dalam persentase di hadapan Menteri ATR/BPN beberapa waktu lalu.

“Kami dari lembaga DPRD menyetujui nantinya anggaran ganti rugi tanam tumbuh tersebut,” jelas Ketua Pansus Pemanfaatan Eks HGU, Evi Susanti, S.IP, Jumat (19/7).

Ditegaskan Evi, hal ini jangan sampai menjadi pertanyaan dari pihak manapun lagi ke depannya. Karena, daerah sudah siap untuk segala proses yang harus dilakukan jika ingin mengambil alih HGU tersebut yang akan berakhir per 31 Desember 2019 mendatang. “Hal ini untuk menjawab anggapan beberapa pihak yang mulai bermunculan untuk meminjau pascapersentase di hadapan Menteri ATR/BPN lalu,” katanya.

Evi berharap, terutama bagi pihak luar Benteng yang tidak memahami kondisi dan upaya pengambilalihan HGU tersebut, supaya dapat mencari informasi yang benar. Terutama dampak yang selama ini dirasakan masyarakat sekitar perkebunan. Apakah memang memberikan dampak positif seperti pekerjaan atau tidak.

Mayoritas pekerja yang ada di PT BRI saat ini bukanlah dari warga Benteng, melainkan warga yang ada di luar Benteng. Hal ini sudah menjadi salah satu alasan mengapa HGU tersebut harus diambil alih setelah resmi berakhir. Karena akan dimanfaatkan demi kepentingan umum, misalnya pembangunan Kampus II Universitas Bengkulu (Unib). “Akan dimanfaatkan untuk sarana umum, bukan untuk kepentingan pribadi,” demikian Evi. (vla)

Berita Lainnya

Katana Bentuk Keluarga Tangguh

BENTENG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Tengah, mempersipkan Program Keluarga Tangguh Terhadap …