Senin , 26 Agustus 2019
Home / Pemilu / Geser NasDem, PAN Rebut Kursi Ketua

Geser NasDem, PAN Rebut Kursi Ketua

PLENO: Komisioner KPU Kota Bengkulu menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kota Bengkulu Pemilihan Umum 2019.(foto: wahyu/rb)

BENGKULU – Setelah menunggu proses panjang, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kota Bengkulu Pemilu 2019 di Hotel Santika, Senin (22/7) siang.

Pelaksanaan pleno berjalan lancar yang dihadiri Ketua KPU Kota Bengkulu Zaini, dan Komisioner KPU Kota Deby Haryanto, Anggi Stephensent, Romi Sugara, dan Martawansyah. Partai Amanat Nasional (PAN) ditetapkan sebagai peraih kursi terbanyak dengan perolehan 7 kursi yang dipastikan akan mendapatkan kursi Ketua DPRD Kota, diikuti oleh Partai Gerindra 4 (Wakil Ketua I) dan PKS 4 kursi (Wakil Ketua II). Dengan demikian, Partai Nasdem yang saat ini menduduki kursi Ketua DPRD Kota, harus rela digeser PAN. Bahkan Nasdem sama sekali tidak mendapatkan kursi pimpinan dewan.

“Alhamdulillah baik dari parpol maupun caleg terpilih cocok dengan perolehan angka yang mereka miliki,” ucap Ketua KPU Kota Bengkulu, Zaini S.Ag.

Setelah ini, tambah Zaini, pihaknya akan segera menyampaikan calon terpilih yang sudah ditetapkan ini untuk diterbitkan SK dan segera dilantik. Dijelaskannya, KPU hanya sebatas menyerahkan rekomendasi tersebut. Sedangkan untuk pelaksanaan sepenuhnya dilakukan oleh DPRD Kota berdasarkan persetujuan Gubernur. “Jadwal pelantikan belum kita ketahui persis, sebab yang mengaturnya itu dari pihak pemerintahan tergantung kapan Gubernur meng-SK-kan nanti.” jelasnya.

Zaini juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak penyelenggara mulai dari KPPS, PPS, PPK, Relawan Demokrasi, Bawaslu, TNI/Polri, awak media dan lainnya yang telah bekerja secara maksimal mengawal pelaksanaan pesta demokrasi di Kota Bengkulu. Ia juga menyampaikan, pelaksanaan pemilu di Kota Bengkulu sudah menunjukkan kualitas demokrasi yang baik dan luar biasa.(new) 

Berita Lainnya

Jabatan Gubernur dan 8 Bupati Hanya 4 Tahun

BENGKULU – Masa jabatan gubernur-wagub dan bupati-wabup yang terpilih pada Pilkada Serentak 2020 nanti akan ...

error: Content is protected !!