Senin , 21 Oktober 2019
Home / Breaking News / Homestay Diharapkan Bisa Mengentaskan Kemiskinan

Homestay Diharapkan Bisa Mengentaskan Kemiskinan

TUTUP : Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong Dra. Hj. Upik Zumratul Aini, M.Si saat menyampaikan arahan sekaligus menutup kegiatan pelatihan. (foto : wanda/rb)

CURUP – Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong (RL) mengharapkan bisnis homestay bisa menjadi salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan. Terlebih lagi homestay saat ini sudah semakin digemari wisatawan, terutama wisatawan manca negara. Ini disampaikan Kadis Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong Dra. Hj. Upik Zumratul Aini, M.Si saat menutup kegiatan pelatihan Manajemen Homestay/pondok wisata/Rumah Wisata di Hotel Griya Anggita, Rabu (24/7).

‘’Wisatawan luar negeri sangat meminati homestay ketika datang untuk berwisata. Karena selain bisa menikmati wisata yang ada di lokasi berkunjung, mereka bisa merasakan langsung suasana dan kehidupan masyarakat yang ada di kawasan wisata mereka kunjungi. Sehingga ini menjadi nilai plus nantinya bagi wisatawan,’’ terang Upik.

Dengan homestay yang dikelola langsung masyarakat, sambung Upik, tentunya langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Karena prinsionya, Pariwisata mendukung ekonomi kerakyatan dan tentunya bertujuan untuk mensejahterahkan masyarakat. Dan saat ini sudah ada beberapa wilayah yang disiapkan homestay untuk mendukung layanan wisata, seperti di Sumber Urip, Rumah Pusako dan purwodadi,’’ sambung Upik.

Ditambahkan Upik, dengan pelatihan yang sudah mereka laksanakan selama tiga hari berturut-turut, para peserta bisa benar-benar menyerap ilmu dan pengetahuan untuk pengembangan industri homestay kedepannya.

“Bukan hanya untuk upaya pengentasan kemiskinan, peserta yang sudah mengikuti pelatihan bisa ikut mendukung upaya menuju Rejang Lebong menjadi kabupaten pariwisata,’’ imbuh Upik.(dtk)

Berita Lainnya

Berjarak 15 Kilometer dari Ibukota,  Keluar Masuk Desa, Warga Harus Bertarung Nyawa

SELUMA UTARA – Akses jalan menuju Desa Simpang, Kecamatan Seluma Utara memang sungguh memprihatinkan. Padahal ...

error: Content is protected !!