Kamis , 19 September 2019
Home / Metropolis / Kemarau, Waspada DBD

Kemarau, Waspada DBD

Herwan Antoni

BENGKULU – Berakhirnya musim hujan tidak menurunkan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Peningkatan kasus DBD terjadi karena masih kerap turun hujan walaupun telah memasuki musim kemarau. Terutama di tempat-tempat genangan air atau barang bekas. Ini karena tempat tersebut adalah lokasi berkembang biak nyamuk penyebab DBD.

Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, M.Kes menjelaskan bahwa masyarakat harus menjaga agar lingkungan terhindar dari tumpukan sampah dan genangan air yang terjadi seusai hujan saat musim kemarau. Genangan air tersebut dapat berdampak pada peningkatan penyakit DBD. Berdasarkan laporan Dinkes kabupaten/kota, setidaknya dalam satu kelurahan ditemukan adanya sekitar 6 orang yang terkena DBD.

Kasus tersebut umumnya ditemukan di kawasan permukiman yang padat penduduk dan kondisi lingkungan kurang terjaga dengan baik. “Walaupun sudah musim kemarau, tetap saja kasus DBD perlu diwaspadai karena masih ada hujan yang terjadi yang menimbulkan genangan air,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus aktif merespon apabila ditemukan adanya kasus DBD. Adapun hal yang dilakulan yakni foging saat terjadinya kasus. Itu untuk mencegah terjadinya penularan ke masyarakat yang ada di sekitar lokasi tersebut. Pasalnya, virus DBD dapat menular apabila di suatu lokasi ada yang terkena DBD dan tidak langsung ditangani.

Upaya lain yang akan dilakukan yakni memperketat surveilans DBD, melakukan investigasi pada kasus DBD, membagikan abate dan lainnya di sekitar daerah yang ditemukan korban DBD. “Target kira itu yakni bisa mengurangi adanya kasus DBD, setidaknya terjadi penurunan dibanding tahun lalu,” tutupnya.(cup)

Berita Lainnya

Tingkatkan Literasi Inklusi Keuangan, 10.000 Pelajar Aktivasi Polis Asuransi

BENGKULU– Untuk meningkatkan angka literasi keuangan di Provinsi Bengkulu, Lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan ...

error: Content is protected !!