Jumat , 28 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Lahan Pemerintah Belum Bersertifikat

Lahan Pemerintah Belum Bersertifikat

Welldo Kurniyanto

BENTENG – Puluhan hektare aset di wilayah Kabupaten Benteng yang berbentuk lahan hingga saat ini belum bersertifikat. Baik lahan sekolah, perkantoran dan sejumlah lahan milik pemerintah lainnya. Kebanyakan lahan tersebut merupakan perpindahan dari Kabupaten Bengkulu Utara (BU) sebelum mekar terdahulu.

Plt Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Benteng, Welldo Kurniyanto, SE, MM melalui Kabid Aset, Hendri Bella, S.Sos mengatakan luas lahan milik pemerintah mencapai ratusan. Namun, saat ini hanya puluhan saja yang belum bersertifikat dan saat ini dalam proses penerbitan. “Ke depan perlu diterbitkan legalitasnya seperti sertifikat,”  jelasnya.

Hal ini untuk menghindari adanya aset yang tidak terdata, dan juga untuk penertiban terhadap keseluruhan aset. Baik itu yang berupa barang bergerak atau yang tidak bergerak seperti lahan. “Bidang Aset akan semaksimal mungkin mendata jumlah aset milik pemerintah daerah,” uja Hendri.

Hendri menambahkan, seluruh lahan akan diterbitkan sertifikat sesuai dengan arahan saat Korsupgah KPK RI untuk penyelesaian status kepemilikan lahan pemerintah. Dengan tujuan menghindari adanya konflik atau sengketa lahan di kemudian hari. Bukan hanya di Benteng, namun seluruh kabupaten di Provinsi Bengkulu sudah berkerjasama dengan Kanwil BPN Provinsi Bengkulu. Selanjutnya akan kerjasama dengan BPN di daerah masing-masing untuk menindaklanjuti penerbitan sertifikat. “Paling lama 2 tahun seluruhnya telah selesai legalitasnya,” ujarnya.(vla)

Berita Lainnya

Sekolah Terdampak Bencana Diajukan Terima Bantuan

BENTENG – Kerusakan sejumlah mebeler di SMPN 16 Bengkulu Tengah, SDN 84 serta Pendidikan Anak …