Selasa , 10 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Lindungi Produk Usaha Ekraf Dengan Sertifikasi

Lindungi Produk Usaha Ekraf Dengan Sertifikasi

SOSIALISASI: Pelaku usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Benteng mendapatkan materi untuk perlindungan atas karya atau produk yang dihasilkan.(foto: fintah/rb)

BENTENG – Karya yang dihasilkan melalui usaha ekonomi kreatif (ekraf) memerlukan perlindungan hukum yang jelas. Hasil karya tersebut termasuk salah satu kekayaan intelektual yang dihasilkan dari masyarakat.

“Bentuk perlindungannya bisa melalui sertifikat atas hasil produksi,” terang Plt. Kadisparbud Benteng, Gunawan Wibisana Rifki, S.STP, MH di hadapan pelaku usaha ekraf dalam kegiatan sosialisasi pembinaan pelaku usaha ekonomi kreatif yang dihadiri 80 pelaku usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Benteng.

Dijelaskan Gunawan, pertumbuhan usaha ekonomi kreatif ini secara nasional di tahun 2019 sudah mencapai angka Rp 8,2 juta usaha baru. Namun, hanya sekitar 800 ribu saja yang memiliki legalitas dan perlindungan hukum yang jelas melalui penerbitan sertifikasi atas produk yang dihasilkan. “Masih banyak yang belum memiliki sertifikat, termasuk di Kabupaten Benteng,” jelasnya.

Untuk itu, ke depan Gunawan menargetkan akan membuka program dalam bentuk sertifikasi dan memfasilitasi semua pelaku ekonomi kreatif yang ada di Benteng. Dengan demikian diharapkan produk yang dihasilkan selain dikenal dan dihargai, juga ada perlindungan hukum melalui legalitas yang jelas.

Salah satu bentuk produk ekonomi kreatif yang berasal dari masyarakat di Kabupaten Benteng saat ini yakni produk olahan dari jeruk kalamansi. Disampaikan Gunawan, dari beberapa kali pameran bahkan sudah di tingkat nasional, jeruk kalamansi asal Kabupaten Benteng cukup digemari dan selalu dicari oleh peminat olahan jeruk. “Saat dipamerkan, selalu diserbu pengunjung,” ujarnya.

Hal ini harus dilindungi dan ikut terus dikawal supaya bisa menjadi lebih besar lagi. Sehingga akan memancing pelaku ekonomi kreatif lainnya untuk berkarya dan menghasilkan produk yang bisa mengangkat perekonomian dan nama daerah. “Selain pembinaan juga memfasilitasi untuk kebutuhan pelaku ekonomi kreatif,” terang Gunawan.(vla/krn)

Berita Lainnya

Dewan Awasi Rekrutmen Pegawai Tidak Tetap Satpol PP

BENTENG – Pemkab Bengkulu tengah akan merekrut tenaga pegawai tidak tetap Satpol PP yang akan ...

error: Content is protected !!