Selasa , 10 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Pengawas Sekolah Masih Kurang

Pengawas Sekolah Masih Kurang

PENGAWAS SEKOLAH: Jumlah pengawas sekolah untuk pendidikan dasar masih kurang. Dinas Dikpora berharap ada penambahan tenaga pengawas sekolah.(foto: fintah/rb)

BENTENG  – Jumlah pengawas sekolah untuk tingkat pendidikan dasar (dikdas) di bawah naungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Bengkulu Tengah (Benteng) masih kurang. Apalagi jarak antara sekolah juga terbilang cukup jauh. Bukan hanya antar desa maupun kecamatan.

“Totalnya ada 35 pengawas,” terang Kabid Dikdas Dikpora Benteng, Anang Deri, S.Pd.

Dijelaskannya, pengawas tersebut bekerja untuk tingkat SD sebanyak 21 pengawas yang bertugas mengawasi 92 SD. Jika dibagi rata, minimal satu pengawas bertugas untuk 4-5 SD. Sementara untuk tingkat SMP sebanyak 14 pengawas yang bertugas mengawasi 32 SMP. Jika dibagi tugasnya, ada 2-3 sekolah yang diawasi satu orang pengawas sekolah.

Jika dihitung dari kebutuhan, jumlah pengawas masih sangat kurang. Namun demikian, menurut Anang, Dikpora Benteng berupaya untuk menambah petugas pegawas sekolah melalui usulan rekrutmen pegawai atau sebagainya. Karena jika tidak ada penambahan pengawas sekolah, maka dipastikan setiap tahun akan berkurang, karena ada yang pensiun. “Tahun ini saja ada 4 pengawas yang siap pensiun,” ujarnya.

Terpisah, Plt. Kadisdikpora Benteng, Saidirman, SE, M.Si menambahkan pihaknya berupaya memaksimalkan jumlah tenaga pengawas yang ada. Namun ia berharap ada penambahan sehingga memudahkan dalam pengawasan sekolah. Jika sebaliknya belum ada penambahan, maka SDM yang ada akan dioptimalkan untuk menjalankan tugas dengan baik.

Saidirman mengakui sampai saat ini belum ada kendala yang berat, sehingga masih bisa teratasi oleh jumlah pengawas sekolah yang aktif saat ini. “Masih dinilai cukup untuk menjalankan fungsi pengawasan,” ujarnya.(vla)

Berita Lainnya

Dewan Awasi Rekrutmen Pegawai Tidak Tetap Satpol PP

BENTENG – Pemkab Bengkulu tengah akan merekrut tenaga pegawai tidak tetap Satpol PP yang akan ...

error: Content is protected !!