Senin , 16 September 2019
Home / Daerah / Lebong / Segera Pasang Stiker PKH

Segera Pasang Stiker PKH

Reko Haryanto

PELABAI – Anggota DPRD Kabupaten Lebong, Widuri Vivi Selviana meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong segera merealisasikan pemasangan stiker khusus ke rumah penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Ia minta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong tidak menunda-nunda.

Soalnya Surat Edaran Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin, Kementerian Sosial terkait instruksi pemasangan daftar nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH di tempat umum telah diterima Pemkab Lebong sejak Sabtu (6/7). ‘’Kami menilai pemasangan stiker khusus ke rumah penerima PKH memang sangat tepat,’’ ujar Vivi.

Dimana setiap penerima sangat menyadari bahwa dirinya memang benar-benar layak menerima PKH karena berstatus kurang mampu. Selain itu, pengawasan realisasi PKH akan berjalan lebih maksimal karena masyarakat dapat ikut mengontrol. Paling tidak, penerima yang tidak tepat sasaran akan merasakan dampak sosial. ‘’Penerima yang statusnya mampu harus siap menerima sanksi moral dari masyarakat,’’ ungkap Vivi.

Terpisah, Kepala PMDS Kabupaten Lebong, Reko Haryanto, S.Sos, M.Si memastikan pemasangan stiker khusus ke rumah penerima PKH akan digulirkan paling lambat Oktober. Saat ini PMDS masih melakukan verifikasi dan validasi data guna menyinkronkan Basis Data Terpadu (BDT) dengan kondisi lapangan. ‘’Stiker baru bisa dipasang setelah datanya valid,’’ papar Reko.

Ia juga mengingatkan kepada KPM yang ekonominya sudah mampu agar segera mengundurkan diri. Mengingat program ini diperuntukan sebagai penunjang kebutuhan masyarakat kurang mampu dan berpenghasilan rendah. Itu semata demi memberi kesempatan kepada warga kurang mampu lainnya yang belum berkesempatan menerima PKH. ‘’Makanya rumah penerima PKH akan dipasang stiker agar penerimanya malu dan mendapat sanksi sosial kalau ternyata hanya mengaku-ngaku miskin, padahal tergolong mampu,’’ tutup Reko. (sca)

Berita Lainnya

Bupati: Proyek TakSelesai, Blacklist

PELABAI –Semua rekanan pelaksana pekerjaan fisik di Kabupaten Lebong, diingatkan agar bekerja profesional. Maksudnya supaya ...

error: Content is protected !!