Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / 28 Peserta Lelang Jabatan, Test Tertulis

28 Peserta Lelang Jabatan, Test Tertulis

TES: Peserta seleksi Eselon II Pemkab Benteng kamis (25/7) mulai mengikuti tes tertulis yang dilaksanakan di Gedung Magister Managemen Universitas Bengkulu (Unib).(foto: Fintah/RB)

BENTENG – Sebanyak 28 peserta seleksi 10 jabatan Eselon II Pemkab Benteng, kamis (25/7) mulai mengikuti serangkaian tes tertulis. Dimulai pukul 08.00 WIB, di Gedung Magister Managemen, Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Bengkulu (Unib). Pelaksanaan tes ini dilakukan oleh Asessor yang berasal dari Unib.  Beberapa materi seperti tes tertulis, diskusi grup dan juga penguasaan materi akan ditempuh peserta “Panitia dari daerah hanya memfasilitasi,” terang Siharmen, Tim Panitia dari BKPSDM Benteng.

Meskipun selesai sesuai dengan waktu yang diberikan, namun beberapa peserta terlihat mengambil waktu jedah. Untuk menyegarkan kembali pikirannya. Bahkan ada yang terlihat seperti menghapal ataupun mencari data yang menjadi materi dalam pelaksanaan tes.

Salah seorang peserta yang keluar ruangan adalah Arman Kusnandar. Diakuinya, beberapa soal memerlukan ingatan untuk bisa  menjawabnya. Namun, dirinya optimis tetap bisa menjawab soal yang disiapkan oleh tim Asessor.

“Hanya beberapa soal saja, perlu waktu lebih banyak,” terangnya.

Keluar ruangan juga dilakukan oleh Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Benteng, Mahendra Gustian, S.Sos. Dia keluar rungan untuk mencari udara segar sambil mengingat dengan jelas jawaban yang akan ditulis.

“Bisa semua, hanya butuh udara segar saja,” ujarnya Optimis.

Kepala Prodi Magister Managemen Fakultas ekonomi Unib, Slamet Widodo, P.hD saat dimintai keterangan terkait pelaksaanan tes hari pertama kemarin menjelaskan ada beberapa materi tes. Namun, semuanya berkaitan dengan bidang yang akan dikerjakan oleh pejabat.

Selain tes tertulis, juga ada tes mengenai kemampuan berdiskusi. Hal ini untuk melihat sejauh mana sikap dari seorang calon pejabat. Nantinya juga bisa diterjemahkan ketika memimpin atau diberikan amanah akan sesuai dengan hasil tes.

“Dalam diskusi tentunya ada banyak pendapat, dan hal ini bisa menjadi penilaian juga,” katanya.

Untuk semua peserta seleksi, nantinya hasil akan disampaikan kepada panitia. Pihak Asessor memberikan penilaian sesuai dengan pelaksanaan tes, dan tidak ada sedikitpun keberpihakan pada peserta tes atau murni.

“Tugas kami melaksanakan tes dan memberikan penilaian,” demikian Slamet.

Untuk tes kedua hari ini (26/7) masih akan tetap dilaksanakan di tempat yang sama. Ada dua materi yakni tes mengenai penilaian psikologi secara tertulis dan wawancara.(vla)

Berita Lainnya

177 Petugas Siaga Karhutla

BENTENG – Sebanyak 177 petugas dari Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Benteng ditugaskan mengantisipasi ...

error: Content is protected !!