Senin , 16 September 2019
Home / Berita utama / Bengkulu Terbaik Sumatera

Bengkulu Terbaik Sumatera

TERIMA PENGHARGAAN: Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti mewakili gubernur menerima penghargaan TPID Provinsi terbaik dari Wapres Yusuf Kalla. (foto: ist/rb)

BENGKULU – Provinsi Bengkulu pada kepemimpinan Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, MM kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini Provinsi Bengkulu menerima penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik untuk wilayah Sumatera tingkat nasional. Penghargaan diterima langsung Sekdaprov Nopian Andusti, SE, MT mewakili Gubernur Bengkulu.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan penghargaan ini diperoleh berkat kerja sama semua pihak. Dirinya mengapresiasi capaian TPID Provinsi Bengkulu sehingga berhasil memberikan yang terbaik bagi Bumi Rafflesia. Penghargaan yang diterima Pemprov Bengkulu bakal menjadi motivasi dalam meningkatkan kinerja pemerintah daerah kedepannya.

Serta merupakan prestasi membanggakan bagi daerah karena berhasil menyisihkan provinsi lainnya yang ada di Sumatera. “Program-program strategis akan terus kami maksimalkan. Termasuk penguatan sektor infrastruktur dasar,” ujar Rohidin.

Ditambahkan Nopian, Provinsi Bengkulu dinobatkan sebagai pengendali inflasi terbaik nasional dalam TPID Award di wilayah Sumatera karena sukses menekan inflasi daerah. Penghargaan ini diberikan dalam acara pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi di Jakarta, Kamis (25/7). Provinsi Bengkulu dinilai memiliki kontribusi besar dalam menjaga dan menekan inflasi daerah.

“Penghargaan yang kita terima ini, pada prinsipnya merupakan dorongan dan motivasi untuk lebih baik lagi dalam berprestasi khusus bagi TPID Provinsi Bengkulu,” kata Nopian.

Lanjutnya, menjadi motivasi dalam upaya pengendalian inflasi untuk menjamin keterjangkauan harga pangan, ketersedaan stock pangan, serta kelancaran distribusi pangan kepada masyarakat. Untuk itu, sinergi antara Pemprov Bengkulu dengan pihak perwakilan Bank Indonesia Bengkulu, pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu, serta para pelaku usaha harus terus ditingkatkan. ” Sinergi dan jaringan kerjasama yang baik antar semua pihak terkait menjadi faktor utama penentu keberhasilan,” jelas Nopian.

Penghargaan TPIDb terbaik tingkat nasional ini dibagi dalam beberapa kategori. Untuk Provinsi Bengkulu menjadi terbaik di Wilayah Sumatera mengalahkan 9 provinsi lainnya. Sementara wilayah Jawa-Bali dimenangkan oleh DKI Jakarta, wilayah Kalimantan diraih Kalimantan Timur, Wilayah Nusa Tenggara-Maluku-Papua dimenangkan oleh Nusa Tenggara Barat (NTB) serta wilayah Sulawesi diraih Gorontalo. Penghargaan ini, diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Gubernur Bengkulu, yang diwakili Sekda Provinsi Bemgkulu Nopian Andusti.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dalam laporannya menyampaikan secara ringkas beberapa capaian penting pengendalian inflasi. Konsistensi kebijakan pengendalian inflasi yang didukung oleh program pengendalian inflasi di seluruh wilayah di Indonesia dapat mengarahkan inflasi nasional dalam empat tahun terakhir 2015-2018 berada dalam kisaran target. Inflasi hingga pertengahan 2019 juga tetap terkendali dalam rentang sasaran 3,5±1persen. Gubernur Bank Indonesia menyebutkan bahwa sinergi yang kuat antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, termasuk Provinsi Bengkulu dan Bank Indonesia merupakan kunci bagi terjaganya inflasi berada dalam kisaran sasaran tersebut.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu Joni Marsius mengatakan terkait detail strategi dan upaya TPID Provinsi Bengkulu menjadi TPID terbaik kawasan Sumatera akan dijelaskan langsung melalui press conference sambil menunggu Gubernur Rohidin pulang dari India, yang sedianya akan dijadwal pada 30 Juli ini.  ‘’Itu sementara informasi yang bisa disampaikan, ‘’tukasnya.(key/iks)

Berita Lainnya

Helmi Berpasangan dengan Hijazi di Pilgub, Tergantung Takdir Allah

CURUP- Sabtu  (14/9), Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan, berkunjung ke Kabupaten Rejang Lebong. Kunjungan tersebut ...

error: Content is protected !!