Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Cegah Hewan Kurban Berpenyakit

Cegah Hewan Kurban Berpenyakit

Firi Asdianto

CURUP – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 H Tahun 2019 yang tinggal menghitung hari lagi, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Curup, semakin meningkatkan pengawasan. Terutama pengawasan terhadap lalulintas hewan ternak yang keluar masuk Kabupaten RL.

Diungkapkan Kepala UPTD Puskeswan Curup Drh. Firi Asdianto kepada RB Kamis, pengawasan lalu lintas ternak yang dilakukan pihaknya tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit. Terutama ternak sapi dan kambing yang didatangkan dari luar daerah masuk ke Kabupaten RL. Baik itu dalam rangka jual beli untuk ternak atau dibudidayakan, jual beli daging maupun untuk kepentingan peryaan Idul Adha mendatang.

‘’Kita sudah mulai meningkatkan pengawasan lalu lintas hewan ternak menjelang hari raya kurban. Ini kita lakukan untuk upaya mencegah penyebaran penyakit dari luar. Sehingga hawan ternak, khususnya sapi dan kambing yang akan dibudidayakan, jual beli daging maupun untuk kebutuhan kurban yang disembelih, benar-benar sehat dan bebas penyakit,’’ terang Firi.

Dilanjutkan Firi, sejumlah penyakit hewan ternak yang diawasi pihaknya berupa penyakit Jembrana yang kerap menyerang jenis sapi Bali. Kemudian penyakit zonosis atau penyakit yang bisa menyebar pada manusia, seperti antraks. Meskipun penyakit-penyakit tersebut dalam beberapa tahun belakangan belum ada laporan atau temuan menyerang di Kabupaten RL, namun kewaspadaan tetap harus dilakukan.

‘’Khusus untuk ternak sapi sendiri, pengawasan dilakukan terhadap ternak yang berasal Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Karena memang sempat menjadi perhatian semua pihak di Provinsi Bengkulu karena ada temuan dan penyebaran penyakit Jembrana,’’ demikian Firi.(dtk)

Berita Lainnya

17 Hektare Lahan Terbakar

CURUP – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Rejang Lebong (RL) mencatat sepanjang dua bulan belakangan, ...

error: Content is protected !!