Senin , 16 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Kades Tsk Korupsi, Sekdes Jadi Plh

Kades Tsk Korupsi, Sekdes Jadi Plh

BENTENG – Pemkab Benteng segera menerbitkan SK penugasan Pelaksana Harian (Plh) Kades Dusun Baru 2 Kecamatan Karang Tinggi. Sebab sang kades yang berinisial Ma, sudah seminggu belakangan ditahan oleh penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu Utara (BU). Karena menjadi tersangka korupsi dana desa dengan kerugian Negara mencapai Rp 106 juta. Sekdes Sumaryono akan ditunjuk menjadi Plh Kades. Saat ini juga, semua tugas kades sudah dibebankan Sumaryono. Hal ini disampaikan Kabag Pemerintah Setdakab Benteng Drs. Jaka Santoso. “Sesuai arahan pimpinan, segera diterbitkan SK Plh Kades Dusun Baru 2,” terangnya.

Ini juga sudah dikoordinasikan ke camat Karang Tinggi. Meskipun tugas kades bisa ditangani semua oleh sekdes, namun harus tetap sesuai aturan. Yakni berdasarkan SK penugasan Plh Kades.

“Kami tergetkan dalam minggu ini sudah rampung,” ujarnya.

Camat Karang Tinggi, Ferry Aprianto, S.Sos mengatakan aktivitas pemerintah desa masih berjalan lancar. Meskipun untuk administrasi pencairan anggaran masih belum bias. Karena terkendala dengan BUMDes yang belum selesai. Penunjukan Plh sesuai dengan Pasal 42 Undang Undang (UU) No 6 tahun 2014 tentang Desa. yang salah satu isinya menyebutkan Kades diberhentikan sementara oleh bupati karena tindak pidana korupsi. Selanjutnya, Sekdes akan melaksanakan tugas yang ditinggalkan Kades. Sampai dengan adanya putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap atau Incrah.

“Kami menjalankan amanat yang diatur dalam UU,” demikian Ferry.(vla)

Berita Lainnya

Diberi Identitas, Taman Hutan Raya Jadi Spot Foto Baru

BENTENG –  Identitas Taman Hutan Raya Rajo Lelo di Desa Tanjung Terdana, Kecamatan Pondok Kubang, ...

error: Content is protected !!