Kamis , 19 September 2019
Home / Daerah / Seluma / Ke Masjidil Haram JCH Naik Bus

Ke Masjidil Haram JCH Naik Bus

DIANGKUT BUS: JCH yang akan salat di Masjidil Harram menaiki bus yang telah disiapkan oleh panitia haji.

MEKKAH – Jarak Hotel Flower tempat Jamaah Calon Haji (JCH) Seluma menginap, mencapai 4,5 kilometer, maka untuk melaksanakan ibadah di Masjidil Haram, mereka harus menggunakan bus. Bus disiapkan oleh panitia selalu siap stand by,  mengantar dan menjemput  JCH dari hotel ke Masjidil Haram.

‘’Ya, tahun ini cukup jauh tempat menginap kita dengan Masjidil Haram’’ ujar Pembimbing Haji Kloter 7 Padang, Drs. Yasaro, M.Hi kamis (25/7).

Pihaknya menghimbau JCH untuk tidak setiap waktu salat atau beribadah di Masjidil Harram. Cukup di waktu subuh dan magrib, selebihnya salat di musala hotel saja agar tidak terlalu lelah. Terutama JCH yang sudah berusia lanjut. ‘’Bukan kita menghalangi, ini demi kesehatan JCH juga. Kalau subuh dan magrib cuacanya tidak terik, jadi kami imbau cukup salat subuh dan magrib saja salat di Masjidil Haram,’’ sampai Yasaro.

Dijelaskan Yasaro, cuaca di Kota Mekkah saat ini cukup terik mencapai 42 derajat celcius. Sehingga jika JCH salat zuhur dan ashar di luar hotel, ditakutkan mengalami dehidrasi. ‘’Kita berupaya menjaga kesehatan JCH, sehingga saat pelaksanaan rangkaian ibadah haji yang dimulai 8 Agustus mendatang semuanya dalam kondisi sehat, tidak ada yang sakit atau mengalami gangguan kesehatan,’’ ujarnya.

Dalam mengisi waktu senggang, sembari menunggu waktu salat kata Yasaro, JCH jalan-jalan di kawasan sekitar hotel. Mencari barang yang nantinya akan dibawa ke tanah air sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

‘’Walaupun pulang masih lama, semua JCH kita mulai membeli barang khas Arab Saudi untuk oleh-oleh,’’ demikian Yasaro.

JCH Kuota Tambahan ke Mekkah

Dibagian lain, 28 JCH kuota tambahan yang tergabung dalam kloter 6 Padang, dari Madinah bertolak ke Mekkah, kamis pagi (25/7) sekira pukul 09.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau pukul 12.00 WIB. Mereka telah menyelesaikan salat arbain 40 waktu di Masjid Nabawi.

‘’Ya, terhitung subuh, JCH kuota tambahan ini telah menyelesaikan 40 waktu salat arbain. Sehingga pagi ini (kemarin,red) langsung diberangkatkan ke Mekkah,’’ ujar Kakan Kemenag Seluma, Drs. H. Herman Yatim, MM.

Sama seperti JCH sebelumnya, kuota tambahan ini sebelum ke Mekkah akan singgah ke Masjid Bir Ali untuk berniat umrah dan memakai pakaian ihram. Karena begitu tiba di Mekkah, JCH akan melaksanakan umrah terlebih dahulu di Masjidil Harram.’’Umrah wajib hukumnya bagi JCH,’’ sampainya.

Untuk kondisi kesehatan JCH kuota tambahan tambah Herman, semua dalam keadaan sehat. Pemeriksaan kesehatan dilakukan secara rutin oleh tim medis. ‘’JCH tetap diimbau untuk banyak minum dan menjaga pola makan. Karena ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan JCH yang saat ini masih tahap penyesuaian cuaca di Arab Saudi,’’ pungkasnya.(aba)

Berita Lainnya

Anggaran Perjalanan Dinas 2020 Dikurangi

SELUMA – Ekspose rancangan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun 2020 ...

error: Content is protected !!