Kamis , 19 September 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Mukomuko Kembali Mengusulkan PLTS

Mukomuko Kembali Mengusulkan PLTS

PLTS: Objek wisata Danau Nibung diajukan pemasangan lampu penerangan berteknologi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).(foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Setelah berhasil direalisasikan pengajuan pembangunan 200 unit penerangan jalam umum (PJU) bertenaga pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), tahun 2019 ini Kabupaten Mukomuko kembali mengajukan bantuan lampu penerangan umum bertenaga PLTS. Jumlah usulan mencapai 300 unit.

Plt. Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Mukomuko, Haryanto, SKM, mengatakan usulan disampaikan pada pemerintah pusat melalui ESDM Provinsi Bengkulu.

Rencana pemasangannya diantaranya pada  lokasi objek wisata Danau Nibung di Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko. “Salahsatu tempat yang kita ajukan itu di objek wisata Danau Nibung,” kata Haryanto.

Dikatakannya penerangan lampu jalan masih banyak dibutuhkan di Mukomuko. Terutama di jalan raya dan fasilitas umum lainnya yang dilintasi masyarakat. Lampu-lampu tersebut nantinya selain sebagai penerangan, juga berguna untuk meminimalisir terjadinya  hal-hal yang tidak diinginkan.

“Seperti kecelakaan lalu lintas, khususnya saat malam hari. Dan hal-hal lainnya yang berisiko rawan terjadinya hal-hal negatif jika jalan yang dilalui itu dalam kondisi gelap,” papar Haryanto.

Meski sudah mengusulkan untuk lokasi objek wisata, Pemkab juga tetap menyarankan pada pemerintah pusat agar dalam pembangunannya nanti tetap difokuskan dipasang di wilayah pusat ibukota kabupaten.

‘’Usulan diprioritaskan pada wilayah pusat ibukota kabupaten, dikarenakan selain akan padat dilintasi masyarakat. Juga ramainya arus lalulintas di jalan lintas nasional dan kabupaten,” imbuh Haryanto.(hue)

Berita Lainnya

Siapkan 2 Opsi Distribusi Air Irigasi

MUKOMUKO – Kemarau panjang membuat debit sungai air Manjuto mulai mengering. Bahkan bagian bawah bendungan, ...

error: Content is protected !!