Kamis , 19 September 2019
Home / Daerah / Lebong / Nihil Website, Kepala OPD Dipanggil Bupati

Nihil Website, Kepala OPD Dipanggil Bupati

PELABAI – Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si meminta 12 kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum memiliki website menghadapnya. Sikap OPD yang tidak juga membuat website dan mengintegrasikannya ke Lebong Command Centre (LCC) itu dinilainya sebagai tindakan tak loyal terhadap kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong. ‘’Harusnya OPD yang tidak juga punya website itu malu, kalau tidak juga punya rasa malu artinya minta dipermalukan,’’ tegas Bupati.

Di era yang serba digital saat ini, Pemkab Lebong diharuskan mengikuti perkembangan zaman sesuai kebutuhan informasi dan teknologi (IT). Pembuatan website sendiri merupakan kebijakan penunjang realisasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lebong 2016-2021. ‘’Dimana setiap pemerintahan diwajibkan menerapkan pelayanan dan pembangunan berbasis IT,’’ tutur Bupati.

OPD yang belum juga memiliki website terkesan acuh atas instruksi Pemkab Lebong. Itu justru menunjukkan pimpinan OPD bersangkutan tidak becus dalam bekerja. Jika memang tidak sanggup menjalankan tugas dengan baik, Bupati minta pimpinan OPD yang mengacuhkan instruksi Pemkab Lebong sebaiknya mundur dari jabatan. ‘’Berulangkali saya katakan, Lebong membutuhkan orang yang berpikiran maju,’’ ungkap Bupati.

Dijelaskannya, LCC merupakan pusat kendali yang akan dijadikan sebagai bank data Pemkab Lebong. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkab Lebong butuh data yang lengkap. Sedangkan untuk mengakses data masing-masing OPD secara lengkap dan cepat, tentunya melalui website. ‘’Apalagi website termasuk salah satu indikator penyajian keterbukaan informasi publik,’’ tukas Bupati.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Lebong, Doni Swabuana, ST, M.Si mengaku sudah berulangkali meminta OPD yang belum memiliki website itu segera membuat dan melaporkan ke Diskominfo agar website OPD dapat dintegrasikan ke LCC. Namun salah satu kendala yang banyak dihadapi OPD, tidak adanya jaringan internet di kantornya. ‘’Kami harap permasalahan itu bisa segera diatasi agar ke depan seluruh OPD, termasuk sebelas kelurahan punya website yang terintegrasi ke LCC,’’ tutup Doni. (sca)

Berita Lainnya

Lelang Jabatan 4 Kadis Batal

PELABAI – Lelang empat jabatan eselon II setingkat kepala dinas (kadis) yang direncanakan Pemkab Labong ...

error: Content is protected !!