Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Polres Amankan Perambah Hutan

Polres Amankan Perambah Hutan

PERAMBAH: Dua perambah hutan diamankan di Polres Bengkulu Utara.(foto: shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Setelah mengamankan dua hewan dilindungi pada Rabu (24/7), diwaktu yang hampir bersamaan namun di tempat berbeda, polisi menangkap dua pelaku perambahan hutan. Keduanya adalah Sm (50)  warga Tebai Karai, Kabupaten Kepahiang dan MM (42) warga Desa Paya Embik Muara Aman, Kabupaten Lebong.

Keduanya ditangkap karena menggarap sebagian lahan hutan menjadi perkebunan kopi. Keduanya langsung digelandang ke Mapolres Bengkulu Utara.        Sm ditangkap di kawasan Hutan Lindung Bukit Daun Register 5 Desa Rindu Hati, Bengkulu Tengah. Sedangkan MM ditangkap di hutan Bukit Daun kelompok Bukit Resam Desa Renah Jaya, Kecamatan Giri Mulya.

Penangkapan keduanya saat polisi yang melakukan operasi Wanalaga mendapatkan informasi di wilayah tersebut terdapat perkebunan kopi. Saat didatangi, kedua titik tersebut masuk dalam kawasan hutan lindung.

Kapolres Bengkulu Utara AKBP. Ariefaldi WN, SH, S.IK, MM melalui Kasat Reskrim AKP. Jery S Nainggolan, S.IK menuturkan keduanya tertangkap tangan melakukan aktivitas perkebunan di kawasan hutan dan mengakui memiliki perkebunan kopi tersebut. Namun mereka membantah melakukan penggundulan hutan lebih dulu dan mengambil hasil hutan. “Berdasarkan pengakuan mereka menemukan titik itu memang sudah dilakukan penebangan dan mereka hanya membersihkan dan bercocok tanam,” terangnya.

Keduanya juga mengaku mengetahui kawasan tempat mereka bercocok tanam adalah kawasan hutan. Namun keduanya tidak memiliki lahan untuk berkebun, sedangkan tidak ada pekerjaan lain untuk memenuhi kebutuhan keluarga.       “Keduanya tetap kita tahan karena melakukan aktivitas perkebunan di kawasan hutan tanpa izin,” tegas Kasat Reskrim.(qia)

Berita Lainnya

Warga Mulai Terserang ISPA

ARGA MAKMUR – Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi seminggu ini di Kecamatan Enggano terutama ...

error: Content is protected !!