Jumat , 13 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Tangkapan Nelayan Sedikit

Tangkapan Nelayan Sedikit

Darwin

BENTENG – Kapal nelayan di Benteng masih tergolong kecil, hanya berkapasitas mesin 3-5 gros tonnage (GT). Tentu saja ini mempengaruhi daya jelajah nelayan. Jarak tempuh yang bisa dilakukan paling jauh hanya 5 mil dari bibir pantai. Akhirnya tangkapan nelayan juga menjadi lebih sedikit. Karena umumnya ikan yang berukuran besar, berada di tengah lautan lepas atau jauh dari bibir pantai.

“Kapal kecil, penghasilan juga kecil,” terang Zulkarnedi, Ketua Kelompok Masyarakat Nelayan Pekik Nyaring.

Dijelaskannya, nelayan sudah beberapa tahun terakhir tidak mendapatkan bantuan kapal. Padahal, pendataan sudah dilakukan sejak dua tahun lalu. Pihaknya juga tidak mengerti mengapa sampai saat ini tidak ada realisasi bantuan kapalnya. Padahal, yang mendata dulunya dari Dinas Kelautan Benteng. “Kalau memang ada bakal bantuan, kami memang berharap. Harus diakui, jenis peralatan termasuk kapal sangat berpengaruh pada hasil tangkapan para nelayan,” katanya.

Sementara itu, Kabid Perikanan dan Alat Tangkap Nelayan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Benteng, Darwin Chaniago S.Sos menjelaskan bantuan nelayan diberikan secara bertahap. Untuk nelayan Benteng, akan diusulkan kembali supaya mendapatkan bantuan kapal lengkap dengan peralatan tangkapannya.

“usulan terus disampaikan. Mungkin realisasinya yang belum semuanya terpenuhi,” demikian Darwin.(vla)

Berita Lainnya

Wakapolres Calon Ketua Tim Saber Pungli

BENTENG – Tim Saber Pungli Kabupaten Bengkulu Tengah saat ini sudah mulai mempersiapkan pengurus baru ...

error: Content is protected !!