Jumat , 21 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Beli Sampah Rumah Tangga

Beli Sampah Rumah Tangga

ARGA MAKMUR – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bengkulu Utara siap membeli sampah rumah tangga. Syaratnya, setiap rumah tangga harus memisahkan sendiri sampah yang dibuang dengan memiliki tong sampah yang memisahkan sampah plastik dan sampah organik. Kepala DLH Bengkulu Utara, Ir. Alfian, MM mengimbau rumah tangga agar memiliki tong sampah yang memisahkan jenis sampah. “Sampah yang kami beli yang sudah dipisahkan. Jadi akan kami beli sesuai dengan jenis sampahnya, ada sampah yang bisa dibuat pupuk ada juga sampah plastik,” terangnya.

Saat ini DLH memiliki pengelola-pengelola sampah yang menjadi binaan DLH. Mereka nanti yang akan diminta membeli sampah rumah tangga. Sehingga selain mencipkan kebersihan, masyarakat juga diajarkan menghasilkan uang dari sampah. “Saya yakin masyarakat belum meminatinya karena memang belum memulai. Setelah nanti menghasilkan uang akan banyak yang mengikuti membuat bank sampah rumah tangga,” terangnya.

Pemkab Bengkulu Utara juga memiliki bank sampah induk yang dikelola oleh Pemkab Bengkulu Utara. Jika memang setiap rumah tangga memiliki bank sampah sendiri untuk sampah rumah tangganya, ia yakin masing-masing keluarga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. “Sampah-sampah plastik yang selama ini dijual itu jelas bisa menghasilkan uang bagi masyarakat. Saat ini kita berusaha menumbuhkan keadaran masyarakat,” katanya.

Selain menciptakan kebersihan dan penghasilan bagi warga, bank sampah yang dibuat masyarakat juga memiliki point tinggi pada penilaian Adipura. Adanya bank sampah rumah tangga menunjukkan kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah menjadi barang ekonomi.(qia)

Berita Lainnya

Galungan, Pererat Kerukunan Umat

ARGA MAKMUR – Sebanyak 5 ribuan masyarakat Hindu Bali di Bengkulu Utara merayakan Hari Raya …