Jumat , 13 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Bangun 2.075 Rumah Tidak Layak Huni

Bangun 2.075 Rumah Tidak Layak Huni

Mian

ARGA MAKMUR – Dalam dua tahun, Pemkab Bengkulu Utara sudah membangun 2.075 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi rumah layak huni (RLH). Pembangunan tersebut dilakukan dengan dana APBN maupun APBD melalui program daerah.

Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian menerangkan Pemkab Bengkulu Utara terus mengajukan pembangunan RTLH ke beberapa kementerian mengingat pembangunan RTLH tak hanya dilakukan oleh Kementerian PUPR. “Kita terus mengajukan, sehingga selain APBD juga kita banyak dibantu dari APBN,” katanya.

Tak hanya itu, Pemkab Bengkulu Utara juga memperbolehkan perusahaan swasta atau BUMD untuk melakukan pembangunan RTLH. Terutama yang ada di sekitar kawasan perusahaan. Hal ini juga sebagai Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. “Jadi pembangunan tidak hanya oleh pemerintah, tapi juga swasta. Sehingga keberadaan perusahaan juga berperan dalam membantu masyarakat,” terangnya.

Pembangunan RTLH menjadi RLH juga memanfaatkan peran serta masyarakat. Sehingga Pemkab hanya menyiapkan dana untuk bahan bangunan, sedangkan pembangunan dilakukan oleh masyarakat secara bergotong royong membantu masyarakat kurang mampu. “Kita meniru program kementerian. Jadi tidak ada dana untuk menyewa pekerja bangunan,” jelas Mian.(qia)

Berita Lainnya

2.991 Peserta Ikut Seleksi Kompetensi Dasar

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara sudah menuntaskan proses pendaftaran tes CPNS. Dipastikan akan ada ...

error: Content is protected !!