Selasa , 12 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Siamang dan Elang Hitam Akan Dilepaskan

Siamang dan Elang Hitam Akan Dilepaskan

DISERAHKAN: Polres Bengkulu Utara menyerahkan elang hitam dan siamang yang merupakan habitat dilindungi kepada BKSDA.(foto: shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Polres Bengkulu Utara menyerahkan elang hitam dan siamang yang diamankan dalam operasi Wanalaga ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), kemarin. Penyerahan dilakukan Kasat Reskrim AKP. Jery S Nainggolan, S.IK kepada Kepala Resort BKSDA Sebelat, Mirwan.

Kapolres Bengkulu Utara AKBP. Ariefaldi WN, SH, S.IK, MM melalui Kasat Reskrim AKP Jery mengatakan pihaknya menyita hewan tersebut lantaran pemiliknya tidak memiliki izin untuk menguasai dan memelihara hewan dilindungi. Sehingga polisi menyerahkan pada BKSDA yang berwenang mengambil tindakan. “Selanjutnya BKSDA yang menangani hewan tersebut,” kata Jery.

Sementara itu, Mirwan menerangkan kedua hewan ini akan dilakukan observasi selama dua minggu untuk memastikan kondisi dan kesehatan hewan. Jika dinyatakan sehat, maka hewan ini akan dilepaskan di kawasan hutan. “Kedua hewan ini masuk dalam daftar dilindungi dan harusnya hidup di alam bebas. Karena telah lama menjadi hewan peliharaan, maka kita harus memastikan kondisi dan kesehatannya,” terang Mirwan.

Ia juga mengimbau masyarakat yang memiliki hewan dilindungi untuk menyerahkannya pada BKSDA atau kepolisian. Selain memang bukan hewan peliharaan, penguasaan satwa dilindungi apalagi memperjualbelikan bisa dijerat pidana. “Saat ini ada 9 hewan yang sudah kita terima dari masyarakat atau kepolisian. Ini akan kita kembalikan ke habitatnya,” bebernya.(qia)

Berita Lainnya

Belum Ada Calon Internal

ARGA MAKMUR – DPC Gerindra Bengkulu Utara akan menutup pendaftaran bakal calon bupati dan calon ...

error: Content is protected !!