Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Curup Pos / SMKN 3 RL Jadi SMK Rujukan PPK Model Ketarunaan

SMKN 3 RL Jadi SMK Rujukan PPK Model Ketarunaan

TOT : Salah satu guru SMKN 3 Rejang Lebong Nova Susanti, S.Kom, MT.Pd mengikuti TOT E-Commers di Bandung selama empat hari.

CURUP SELATAN – Dibawah kepemimpinan Kepala Sekolah mereka, Asep Suparman, S.Pi, M.Pd, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Rejang Lebong (RL) terus menuai prestasi. Mereka saat ini menjadi salah satu SMK Rujukan Penguatan Pendidikan Karakter Ketarunaan (PPK). Serta menjadi SMK rujukan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan e-Commers.

Diungkapkan Kepala SMKN 3 RL Asep Suparman, S.Pi, M.Pd kepada RB Kamis (1/8), keberhasilan menjadi SNK rujujan, berkat berbagai upaya dan program yang mereka laksanakan. Salah satunya Kegiatan Latihan Dasar Ketarunaan (Latdastar) yang dilaksanakan setiap awal memasuki tahun ajaran baru. ‘’Alhamdulillah kita sekarang sudah menjadi salah satu SMK rujukan untuk PPK Model Ketarunaan, rujukan GLS dan e-Commers,’’ ucap Asep kemarin.

Prestasi ini, sambung Asep, tidak lain berkat kerja keras seluruh insan akademika SMKN 3 RL. Terutama dalam upaya sekolah untuk fokus sejak 2014 hingga sekarang, dengan membangun Seumber Daya Manusia (SDM) berkarakter dan berdaya saing. Serta berupaya mendidik peserta didik agar berjiwa wirausaha ditopang dengan kemampuan internet.

Karena, lanjut Asep, di era revolusi industri 4.0 sangat penting untuk memberikan modal karakter dan kemampuan internet. ‘’Kita siapkan dari sekarang, yang senang jualan kita fasilitasi dengan IT. Bahkan sejak 2015 lalu alhamdulillah tamatan kita bisa dikirim ke Malaysia dan Jerman untuk bekerja sambil kuliah sudah lebih dari 50 alumni. Bagi yang mau tetap tinggal di dalam negeri, kita motivasi untuk jadi juragan,’’ lanjut Asep.

Ditambahkan Asep, saat ini tidak hanya SDM peserta didik saja, SDM tenaga pendidik mereka juga dimotivasi dan ditingkatkan. Bahkan saat ini mereka sedang mengirim salah satu guru mereka yaitu Nova Susanti, S.Kom, MT.Pd mengikuti Training Of Trainer (TOT) atau melatih calon pelatih E-Commers di Bandung. Guru SMKN 3 RL ini merupakan satu-satunya dari Provinsi Bengkulu. ‘’Training yang diikuti selama empat hari dan ini juga dalam rangka persiapan mewujudkan pembelajaran berorientasi mencetak wirausahawan muda mandiri di era revolusi industri 4.0,’’ demikian Asep.(dtk)

Berita Lainnya

17 Hektare Lahan Terbakar

CURUP – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Rejang Lebong (RL) mencatat sepanjang dua bulan belakangan, ...

error: Content is protected !!