Selasa , 19 November 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Waspada Musim Kemarau Jangan Bakar Sampah Sembarangan

Waspada Musim Kemarau Jangan Bakar Sampah Sembarangan

Sumardi

CURUP – Memasuki musim kemarau yang mulai terasa di Kabupaten Rejang Lebong (RL), jelas kemungkinkan akan menimbulkan dampak serta potensi kebakaran, khususnya lahan kosong. Untuk itulah Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten RL mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk semakin meningkatan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran.

‘’Terutama di wilayah yang banyak lahan kosong dan ditumbuhi rumput atau alang-alang. Saat musim kemarau, lahan akan menjadi kering dan mudah terbakar. Kita mengimbau agar masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan. Termasuk membakar sampah sembarang, baik di kebun maupun di kawasan pemukiman,’’ terang Kadis Damkar Drs. H. Sumardi, M.Si kepada RB.

Dijelaskan Sumardi, Rabu (31/7) lalu, dalam sehari terjadi dua kali kebakaran. Pertama berada di wilayah Kelurahan Pasar Padang Ulak Tanding (PUT) Kecamatan PUT dan wilayah Kelurahan Simpang Nangka Kecamatan Curup Timur. ‘’Untuk di PUT yang terbakar gedung kantor kosong dan diduga karena adanya korsleting listrik. Sedangkan di simpang nangka kebakaran lahan,’’ terang Sumardi.

Sepanjang Januari-Juni 2019, sambung Sumardi, mereka mencatat setidaknya ada 15 kasus kebakaran, ditambah dua kejadian kebakaran Rabu lalu. Dari seluruh kasus kebakaran tersebut, menimbulkan korban jiwa sebanyak dua orang. Serta menimbulkan kerugian hingga miliaran rupiah. ‘’Data tersebut hampir mendekati jumlah kasus selama 2018 lalu dan ini baru satu semester. Makanya kita minta masyarakat untuk benar-benar mewaspadai segala potensi bencana kebakaran,’’ demikian Sumardi.(dtk)

Berita Lainnya

Bunda Paud Rejang Lebong Terima Penghargaan Nasional

CURUP – Kabar gembira datang dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong (RL) ...

error: Content is protected !!