Rabu , 20 November 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Bentuk Sekolah Tangguh Bencana

Bentuk Sekolah Tangguh Bencana

RAPAT: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong menggelar rapat pembentukan sekolah tangguh bencana. (foto: wanda/rb)

CURUP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong (RL) akan melakukan pembentukan Sekolah Tangguh Bencana. Hal ini akan diawali dengan pelaksanaan Program Sekolah Madrasah Aman Bencana (SMAB). Bahkan di tahun ini direncanakan ada 5 sekolah yang akan diterapkan program SMAB tersebut.

‘’Kita sudah mengadakan rapat bersama dan insya Allah tahun ini akan ada lima sekolah yang akan menerapkan program SMAB. Mulai dari tingkatan MI (Madrasah Iptidaiyah, red) sederajat sampai ke tingkat MA (Madrasah Aliyah, red) sederajat,’’ terang Kepala BPBD Kabupaten RL Basuki, S.Sos kepada RB.

Diungkapkan Basuki, saat ini sekolah yang sudah masuk dalam tahapan asesmen di program SMAB diantaranya adalah MIN 1 RL, MAN RL dan SMAN 2 RL. Pembentukan program SMAB ini, agar bisa mengurangi risiko bencana kepada anak-anak usia sekolah. Serta memberikan pengetahuan kepada anak-anak agar tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana. ‘’Setidaknya ini diharapkan bisa mengurangi resiko anak-anak usia sekolah menjadi korban bencana,’’ jelas Basuki.

Ditambahkan Basuki, dalam program SMAB sendiri akan dilaksanakan mulai dari tahap sosialisasi, pembuatan kajian risiko bencana, pembuatan peta sekolah dan jalur evakuasi. ‘’Termasuk pembuatan SOP, pelatihan pertolongan pertama dan kebencanaan lainnya. Serta dilakukan gladi dan simulasi terjadinya bencana,’’ imbuh Basuki.(dtk)

Berita Lainnya

Polisi Usut Kebakaran 2 Ha Lahan Kosong, Diduga sengaja Di Bakar warga

BERMANI ULU – Anggota TNI dan Polri Senin (18/11) sore bersama warga Desa Sentral Baru ...

error: Content is protected !!