Kamis , 19 September 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Segera Tunjuk Pejabat Kades Selamat Sudiarjo

Segera Tunjuk Pejabat Kades Selamat Sudiarjo

SEGERA: Dinas PMD Kabupaten Rejang Lebong akan segera menetapkan Pejabat Selamat Sudiarjo. (foto: wanda/rb)

CURUP – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong (RL) akan segera mengambil langkah menentukan Pejabat Kades Selamat Sudiarjo. Ini setelah oknum kades berinisial Si sudah resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejari RL dalam kasus dugaan penyelewengan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2017.

Diungkapkan Plt. Kepala Dinas (Kadis) PMD Kabupaten RL Achmad Chalid, ST melalui Kabid Kelembagaan, Sosbud dan Pemerintah Desa Bobby Harpa Santana kepada RB, mereka akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Inspektorat Daerah (Ipda) Kabupaten RL. Apakah proses pengajuan usulan pejabat kades memerlukan surat resmi pemberitahun kades sebagai tersangka atau tidak.

‘’Kalau nanti memang tidak perlu adanya surat pemberitahuan dari aparat penegak hukum terkait status kades yang menjadi tersangka, maka kita akan minta Pemerintah Kecamatan segera membuat dan mengajukan usulan pejabat Kades Selamat Sudiarjo. Untuk sang kades akan dinonaktifkan sementara, sembari menunggu keputusan hukum tetap nantinya,’’ terang Bobby.

Usulan pemerintah kecamatan, sambung Bobby, disampaikan kepada Bupati RL Dr. H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si melalui Dinas PMD Kabupaten RL. ‘’Kalau sudah diusulkan nantinya, baru kita (Dinas PMD, red) yang akan memproses SK Pejabat Kades Selamat Sudiarjo. Calon Pejabat Kades yang diusulkan wajib berstatus ASN (Aparatur Sipil Negara, red),’’ sambung Bobby.

Ditambahkan Bobby, ASN yang diajukan untuk menjadi Pejabat Kades harus diprioritaskan berasal atau berdomisili di desa setempat. Tapi jika tidak ada, maka yang diusulkan ASN dari Kantor Camat setempat dan jika tidak memungkinkan, maka akan diambil dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab). ‘’Tapi yang jelas usulan pejabat kades ini harus dan wajib berstatus ASN,’’ demikian Bobby.(dtk)

Berita Lainnya

Mantan Kades Buronan Kejari

CURUP – Sejak ditetapkan sebagai tersangka korupsi dana desa Rp 300 juta, mantan Kades Selamat ...

error: Content is protected !!