Jumat , 21 Februari 2020
Home / Daerah / Kaur / Istri Tersangka Pembunuhan, Saksi Kunci

Istri Tersangka Pembunuhan, Saksi Kunci

Arief Hidayat

KOTA BINTUHAN – Polres Kaur pagi ini (6/8) merencakan mengelar rekontruksi pembunuhan terhadap Ramadan (29) warga Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Kaur Utara. Kapolres Kaur AKBP Arief Hidayat, S.IK melalui Kasat Reskrim Kaur Iptu Welliwanto Malau mengatakan untuk keamanan  tersangka (Tsk) RS (22) warga Desa Manau IX Dua Kecamatan Pagulu Kabupaten Kaur, rekonstruksi tidak dilakukan di lokasi kejadian.

Namun digelar di Mapolres Kaur, selain tersangka  juga akan dihadirkan saksi kunci, yakni istri tersangka sendiri yang berinisial HS. Walaupun diselenggarakan di Mapolres Kaur, rekonstruksi tetap akan dikawal ketat anggota Polres Kaur. Selain itu juga hasil penyidikan, ternyata tersangka RS ini juga terlibat kasus pencurian motor RX King di Pagulu beberapa waktu lalu. Jadi selain dijerat pasal pembunuhan juga dijerat dengan pasal pencurian. “Kalau tidak ada halangan, besok (Selasa, red) kita akan menggelar rekontruksi kasus pembunuhan di Kelam Tengah,” katanya.

Pembunuhan Ramadan dilatar belakangi kecemburuan tersangka pada istrinya. Dimana Minggu (21/7) pukul 00.30 WIB, saat tersangka pergi ke pesta di dekat rumahnya di Desa Siring Agung, istrinya malah menerima Ramadan di rumahnya. RS yang curiga istrinya tidak mengangkat telfon, lantas pulang kerumah. Kemudian mengintip istrinya yang sudah dua bulan pisah ranjang dengannya itu melalui jendela. Betapa marahnya dia mendapati istrinya tengah menerima tamu, laki-laki lain di rumah. “Pembunuhan ini dipicu oleh cemburunya suami kepada istri yang kedapatan dengan pria lain,” Welliwanto Malau.

Sementara itu dari hasil pemeriksaan terhadap istri tersangka, Hs dan Ramadan adalah teman lama. Kebetulan saat itu Ramadan berkunjung ke rumah istri tersangka yang sudah pisah ranjang dengan tersangka. Saat itu istri tersangka dan korban tengah berada di dalam kamar tidur. Mereka berfoto selfi dengan handphone korban. “Korban dengan istri tersangka tidak berbuat apa-apa, masih berpakaian lengkap, baik keterangan tersangka dan juga saksi,” kata Kasat.

Tersangka yang curiga lantas meminta meminta istrinya membuka pintu depan dan korban lari lewat pintu belakang. Korban sempat diminta berhenti oleh tersangka. Namun merasa salah, korban lari dan dikejar oleh tersangka yang sudah emosi. Hingga terjadi penikaman. Saat ditikam korban tidak langsung tewas dan terus berlari, setelah setengah jam baru ditemukan tewas karena kehabisan darah tak jauh dari panggung pesta.

Dari hasil penyelidikan juga, RS hanya sendirian menghabisi Ramadan. RS terancam hukuman 15 tahun penjara. Kapolres Kaur AKBP Arif Hidayat, S.IK dengan tegas mengatakan kalau motif pembunuhan karena tersangka cemburu melihat istrinya saat berduaan dalam kamar rumahnya bersama korban. Kapolres Kaur memastikan kalau pembunuhan ini bukan pembunuhan terencana. Karena pada saat kejadian tersangka baru pulang dari kebun miliknya di Pagulu.   “Pembunuhan ini bukan terencana dan motifnya jelas cemburu, karena korban sebelumnya terlibat bersama istrinya di rumah malam hari. Dari hasil pemeriksaan yang kita lakukan, tersangka RS ini juga terlibat kasus pencurian motor RX King di Pagulu. Jadi selain akan dijerat pasal pembunuhan juga curanmor,” kata Kapolres Kaur AKBP Arief Hidayat, S,IK melalui Kasat Reskrim Iptu Welliwanto Malau.(cik)

Berita Lainnya

Operasi Wanalaga Nala, Polres Kaur Amankan 11 Burung

KOTA BINTUHAN– Sebanyak 11 ekor burung yang dilindungi, Kamis (20/2) diamankan Unit Tipiter Polres Kaur. …