Minggu , 20 Oktober 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Dilantik Tanpa Pin Emas

Dilantik Tanpa Pin Emas

MUKOMUKO – Dipastikan 25 anggota DPRD Mukomuko periode 2019-2024, saat pengucapan sumpah/janji, tanpa mengenakan pin emas berbentuk logo DPRD Mukomuko. Tetapi mereka nantinya hanya menggunakan duplikat pin emas, pengganti pin yang terbuat dari emas asli. Pelantikan tanpa pin emas ini bukan berarti mereka tidak diberikan pin emas. Pin emas yang asli tidak dipakai saat pelantikan, melainkan disimpan.

“Pakai duplikat. Pin emas untuk disimpan,” kata Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Sekwan) Mukomuko, Drs. H. Bustari Maller, M.Hum, Selasa (6/8).

Dipastikan pin yang digunakan pada hari pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Mukomuko masa jabatan 2019-2024 tersebut, akan tuntas pembuatannya, sebelum hari pelantikan. Direncanakan, pin itu akan mulai dibagikan pada 16 Agustus 2019. Bersamaan dengan menyerahkan satu stel jas, yang harus dikenakan para anggota DPRD Mukomuko yang baru itu saat kegiatan pelantikan.

“Perkiraan 15 Agustus nati selesai pembuatannya. Setelah itu langsung kita serahkan ke anggota DPRD Mukomuko untuk periode yang baru,” kata Sekwan.

Kini pihaknya tengah menyiapkan undangan untuk disampaikan ke anggota DPRD dan tamu undangan lainnya. Serta mempersiapkan rangkaian kegiatan Rapat Paripurna dalam rangka pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Mukomko.

Nantinya dalam acara itu, rapat dibuka oleh Ketua DPRD Mukomuko yang masih menjabat sekarang, Armansyah, ST. Didampingi wakil ketua I dan wakil ketua II DPRD Mukomuko. Dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Gubernur Bengkulu tentang peresmian pemberhentian dan pengangkatan anggota DPRD Mukomuko masa jabatan 2019-2024.

“Setelah itu, baru dilaksanakan pengucapan sumpah/janji anggota DPRD,” kata Sekwan.

Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengucapan sumpah/janji. Serta penyematan pin dan penyerahan SK secara simbolis, oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Mukomuko, Dr. Nur Kholis, SH, MH. Seterusnya, dilaksanakan pengumuman pimpinan sementara DPRD.

“Usai ini, ada serah terima dari pimpinan DPRD Mukomuko periode 2014-2019 ke pimpinan sementara DPRD dan sambutan. Selesai ini semua, tuntas kegiatan pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Mukomuko yang baru,” terangnya Bustari.

Diberikan Beragam Fasilitas

Anggota DPRD Mukomuko yang baru akan diberikan beragam fasilitas. Diantara yang bakal mereka dapatkan, pin emas seberat 10 gram untuk setiap anggota DPRD. Artinya, melalui APBD, Pemkab Mukomuko menggelontorkan dana untuk pembelian 250 gram emas.

“Jadi pin emas ini, pin berbentuk logo lembaga DPRD. Beratnya disesuaikan anggaran. Terus diberikan juga pin duplikatnya,” kata Bustari.

Selain fasilitas itu, akan disediakan bagi mereka sedikitnya delapan stel pakaian dinas. Yang pengadaannya menyedot anggaran hingga Rp 900 juta. Diantara pakaian yang akan didapat anggota dewan baru ini, Pakaian Sipil Harian (PSH), yang pengadaannya disiapkan dana Rp 175 juta. Lalu Pakaian Sipil Lengkap (PSL) berikut dengan emblem emas Rp 300 juta.

Lalu Pakaian Dinas Harian (PDH) lengan panjang, pagu dana Rp 75 juta. Pakaian Sipil Resmi (PSR) Rp 100 juta, Pakaian Adat Daerah Rp 130,5 juta, Pakaian Batik Basurek Rp 75 juta dan Pakaian Olahraga dengan pagu dana untuk pengadaannya Rp 48 juta.

“Ini semuanya sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD. Yang dijabarkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 62 Taun 2017 tentang Kemampuan Keuangan Daerah,” jelas Sekwan.  Selain itu lanjutnya, yang lebih jelas lagi, yakni gaji bulanan. Berikut dengan tunjangan transportasi, perumahan, keluarga dan jaminan kesehatan. Dan khusus pimpinan DPRD yakni Ketua, Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II DPRD. Akan diberikan kendaraan dinas jabatan dan kendaraan dinas operasional.  “Ini disesuaikan dengan kemampuan daerah,” demikian Bustari.(hue)

Berita Lainnya

Dana APBDes Untuk Keluarga Berencana

MUKOMUKO – Belum semua desa mengalokasikan dari dana APBDes guna menyukseskan program Keluarga Berencana. Hal ...

error: Content is protected !!