Kamis , 21 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Gubernur Kucur Rp 1 Miliar untuk 50 Kube PKH

Gubernur Kucur Rp 1 Miliar untuk 50 Kube PKH

MUKOMUKO – Jika tidak ada aral melintang, Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, akan menyerahkan bantuan sebesar Rp 1 miliar, hari ini (7/8). Bantuan tersebut, diberikan Gubernur khusus untuk Kelompok Usaha Bersama (Kube) Program Keluarga Harapan (PKH) yang ada di Kabupaten Mukomuko.

“Langsung Pak Gubernur yang akan menyerahkannya di Mukomuko, besok (hari ini). Ini bantuan modal usaha,” kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bengkulu, Dr. H. Iskandar ZO, SH, M.Si, Selasa (6/8).

Ditambahkan Kepala Dinsos Mukomuko Saroni, SH, ada 50 Kube PKH yang akan mendapatkan bantuan tersebut. Masing-masing Kube akan mendapatkan bantuan modal hingga Rp 20 juta. Kube yang mendapatkan ini, diantaranya Kube yang berdomisili di Kecamatan Malin Deman, Pondok Suguh, Teras Terunjam, dan di Kecamatan V Koto. Semuanya merupakan Kube yang belum pernah sama sekali tersentuh bantuan Kube sebelumnya.

“Akan diserahkan Pak Gubernur setelah salat zuhur. Bertempat di Lapangan Ratok Denai Kelurahan Bandar Ratu Kecamatan Kota Mukomuko,” terang Saroni.

Nantinya, bantuan modal itu, akan disalurkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, langsung ke rekening masing-masing Kube. Bantuan modal itu, bersumber dari dana Dekonsentrasi Pemprov Bengkulu tahun 2019. “Ditansfer langsung masuk ke rekening Kube,” kata Saroni.

Penggunaannya, murni untuk modal usaha. Dibelanjakan sesuai dengan perencanaan dalam proposal yang Kube ajukan ke Dinsos Provinsi Bengkulu. Khusus untuk Kube, kategori Kube Rumah Pangan Kita (RPK), maka mereka mengajukan pembelian bahan-bahan yang akan dijual ke Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Devisi Regional (Devri) Bengkulu. Selanjutnya, Bulog yang akan mengirim seluruh bahan yang diminta tersebut ke tempat Kube membuka usaha.

“Kube RPK ini, sudah ada kesepakatan antara Kube dengan Bulog. Mereka bermitra, sehingga tinggal menyampaikan usulan beli beras berapa, minyak goreng berapa, gula berapa dan lain-lain berapa. Setelah itu Bulog yang kirim,” pungkas Saroni.

Sementara itu, selain memberikan bantuan modal usaha untuk Kube PKH. Gubernur ke Mukomuko juga bakal memberikan sejumlah bantuan untuk rumah ibadah. Penerimanya, Masjid Al-Mutaqin Desa Ujung Pandang Kota Mukomuko. Diserahkan usai salat Isya berjamaah, malam Selasa (6/8). Lalu untuk Masjid Al-Iklas Desa Pasar Sebelah Kecamatan Kota Mukomuko. Direncanakan diserahkan saat safari subuh hari ini (7/9). Serta untuk Masjid Al-Iklas Pantai Indah Mukomuko (PIM) Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko. Direncanakan diserahkan Gubernur usai salat asar berjamaah.

“Masjid-masjid yang mendapatkan bantuan ini, merupakan masjid yang memasukkan permohonan ke Gubernur tahun lalu melalui Biro Kesra Pemprov. Per masjid mengusulkan sekitar Rp 100 juta. Berapa yang akan diberikan Gubernur nantinya, kami belum tahu. Baru diserahkan sekarang, karena momen yang tepat, Pak Gubernur berkunjung ke Mukomuko,” sampai Kabag Kesra Setdakab Mukomuko, Sudirman, Sudirman, S.Sos, MPSSp. (hue)

Berita Lainnya

Bantuan Operasional Penyelenggaraan Dan Tunjangan Guru Turun

MUKOMUKO –Ternyata bukan alokasi tunjangan profesi atau sertifikasi guru yang turun tahun 2020. Sejumlah anggaran ...