Minggu , 8 Desember 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Kajari Baru Punya Tiga PR

Kajari Baru Punya Tiga PR

PROMOSI: Kajari Mukomuko Agus Irawan Yustisianto, SH, MH (tengah) dipromosi menjabat Kajari Wonogiri Provinsi Jawa Tengah.(foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Resmi sudah Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Mukomuko berganti. Agus Irawan Yustisianto, SH, MH dipromosi dengan jabatan baru sebagai Kajari Wonogiri di Provinsi Jawa Tengah. Penggantinya, Hendri Antoro, S.Ag, SH, MH, yang sebelumnya menjabat Koordinator pada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah.  “Pisah sambut rencananya digelar di Balai Daerah Kabupaten Mukomuko, Kamis malam (8/8) ,” kata Agus.

Seusai peninggalan dirinya, Kajari Mukomuko yang baru nantinya punya tiga pekerjaan rumah (PR) yang bakal diselesaikan. Khususnya untuk penangangan perkara dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) di Kabupaten Mukomuko.  Sejumlah perkara dimaksud, perkara tipikor dana makan minum di Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Mukomuko tahun anggaran 2014. Yang mana di perkara ini, kerugian negara mencapai Rp 1,5 miliar, dari total anggaran sekitar Rp 4 miliar. Sekarang ada satu terdakwa yang sedang proses persidangan di Pengadilan Tipikor Bengkulu.

PR kedua, pengembangan perkara tersebut. Karena dari hasil sidang sebelumnya dan pengembangan penyidikan kedua, masih ada potensi pihak lain yang harus bertanggung jawab atas kerugian negara.

“Untuk penanganan yang pertama, sudah vonis, dua terpidana yang sekarang masih menjalani masa hukuman,” kata Agus.

Dan PR ketiga, penanganan penyidikan dugaan Tipikor atas penggunaan dana desa (DD) di Desa Bukit Harapan Kecamatan Air Rami. Pengembangan terbarunya, peningkatan status penanganan perkara, dari penyelidikan naik menjadi penyidikan. Tinggal lagi mengusulkan untuk penghitungan kerugian negara oleh tim ahli dan gelar perkara untuk penetapan tersangka.

“Ketiga perkara Tipikor itu, tidak bisa di masa saya lagi. Nantinya akan dilanjutkan oleh Kajari baru. Ini akan jadi PR Kajari baru,” pungkas Agus. (hue)

Berita Lainnya

Dana Alokasi Khusus Perikanan Naik

MUKOMUKO – Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang perikanan dan kelautan tahun depan naik. Dari sebelumnya ...

error: Content is protected !!