Senin , 26 Agustus 2019
Home / Pemilu / Rekruitmen Petugas Situng Harus Dilakukan Dengan Selektif

Rekruitmen Petugas Situng Harus Dilakukan Dengan Selektif

RAKOR: KPU Kabupaten Kepahiang, Selasa (6/8) menggelar Rapat Koordinasi membahas evaluasi tahapan Pemilu 2019 terkait instrument Situng.(foto: arie/rb)

KEPAHIANG – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepahiang menggelar Rapat Dalam Kantor (RDK) terkait Analisis hasil pengolahan dan evaluasi sistem pemilu terkait instrumen evaluasi sistem penghitungan (Situng) Pemilu serentak Tahun 2019, Selasa (6/8) di Aula Sekretariat KPU Kepahiang. Kegiatan ini menghadirkan beberapa stakeholder terkait yakni Bawaslu, dan Polres Kepahiang.

Dalam rakor ini, KPU Kepahiang mendapatkan masukan dan kritik dari Bawaslu Kabupaten Kepahiang, khususnya terkait dengan rekruitmen petugas Situng, sebagai bahan evaluasi menjelang Pilkada 2020 mendatang. Disampaikan Perwakilan Bawaslu Kepahiang, Bambang Darmawan bahwa dalam perekrutan KPPS dan Petugas Situng harus dilakukan secara selektif. Karena hal ini terkait dengan kinerja keduanya dalam penginputan data hasil perolehan pemungutan suara.

Untuk perekrutan KPPS dan operator Situng, sabung Bambang, harus orang-orang yang mumpuni sehingga mendapatkan SDM yang berkualitas dan berintegritas. Khusus operator Situng, harus diberi pelatihan khusus, dan harus dilakukan verifikasi  data yang ketat sebelum di upload atau entri data ke Situng.

“Ini dilakukan untuk menimalisir kesalahan. Kemudian Situng KPU harus menampilkan data yang sudah valid dan dapat dipertanggung jawabkan, sehingga tidak menimbulkan polemik dimasyarakat ” pungkas Bambang.

Disisi lain, Ketua KPU Kepahiang, Mirzan Pranoto Hidayat, S.Sos mengaku memang ada beberapa hal yang harus dievaluasi kedepannya dari kinerja petugas penyelenggara Pemilu 2019 lalu. Mirzan mengatakan daftar inventaris masalah (DIM) rapat ini nanti akan disampaikan kepada KPU RI melalui KPU Provinsi Bengkulu.

“Banyak saran dan masukkan yang kita dapatkan dari rakor ini. semuanya sudah kita masukkan dalam DIM, dan akan kita sampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi, dengan harapan kedepannya kinerja kita bisa lebih maksimal lagi,” singkat Mirzan. (sly)

Berita Lainnya

Jabatan Gubernur dan 8 Bupati Hanya 4 Tahun

BENGKULU – Masa jabatan gubernur-wagub dan bupati-wabup yang terpilih pada Pilkada Serentak 2020 nanti akan ...

error: Content is protected !!