Selasa , 19 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Vaksin Jembrana 2 Kali Sebulan

Vaksin Jembrana 2 Kali Sebulan

MUKOMUKO – Menghindari virus Jembrana, Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko akan rutin melakukan vaksinasi. Khususnya pada ternak milik masyarakat di Kabupaten Mukomuko. Ini disampaikan Kabid Peternakan Distan Mukomuko, Warsiman, S.Pt.  Dikatakannya, penyuntikan vaksin ini akan rutin dilakukan dua kali dalam sebulan, khususnya pada sapi. “Program ini sudah kita mulai sejak Juli. Dan akan terus dilanjutkan di bulan ini dan dibulan-bulan berikutnya,” sampai Warsiman.

Sekarang ini, Kabupaten Mukomuko sudah mendapatkan 3.000 dosis vaksin Jembrana. Seluruhnya berasal dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu. Bantuan vaksin ini sangat membantu para peternak sapi di Kabupaten Mukomuko.

“Untuk vaksin, sementara Insya Allah cukup. Pemprov telah membantu kita sebanyak 3.000 dosis vaksin Jembrana,” ujarnya.

Virus Jembrana sempat menyerang hebat di Kabupaten Mukomuko pada awal tahun 2019. Virus ini menyerang ratusan sapi milik masyarakat di daerah ini. Dari data yang dihimpun dinas pertanian, setidaknya terdapat 80 ekor sapi mati yang disebabkan virus Jembrana.

Kerugian peternak bukan hanya dari kematian sapi. Pada lima bulan pertama tahun ini, harga sapi turun drastis karena penyakit Jembrana. Para peternak terpaksa menjual murah sapinya karena takut lebih merugi.

“Selain vaksin yang kita lakukan ini, untuk menghindari Jembrana, sebaiknya pemilik ternak tidak melepas liarkan sapinya. Penularan virus ini dapat terjadi dari pertemuan sesama ternak sapi,” tandasnya. (hue)

Berita Lainnya

Pasar Batu Ejung Akan Ditarik Retribusi

MUKOMUKO – Kalau tidak berubah, awal tahun 2020 mendatang, bakal bertambah satu pasar lagi yang ...

error: Content is protected !!