Sabtu , 19 Oktober 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Bantuan 95 Ekor Sapi

Bantuan 95 Ekor Sapi

SIMBOLIS: Penyerahan bantuan secara simbolis untuk Poktan dan Kube di Lapangan Ratok Denai, Rabu (7/8).(foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Sebanyak 95 ekor sapi diterima 8 kelompok tani (Poktan) Kabupaten Mukomuko. Terdiri 87 ekor sapi bali betina dan 8 ekor sapi bali jantan. Ini merupakan bantuan Pemprov Bengkulu yang diserahkan Rabu (7/8).

“Sudah diserahkan secara simbolis oleh Pak Gubernur,” kata Kepala Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko, Heri Prastyono, S.STP.

Poktan yang beruntung, antara lain Poktan Maju Makmur Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko, Poktan Mitra Usaha Desa Tirta Makmur Kecamatan Air Manjuto, Poktan Jaya Bersama Desa Dusun Baru Pelokan Kecamatan XIV Koto, dan Poktan Tunas Baru Desa Sungai Rengas Kecamatan V Koto.

Berikutnya Poktan Wanita Tani Putri Tanjung Desa Tanjung Harapan Kecamatan Ipuh, Poktan Tani Makmur Desa Gajah Makmur Kecamatan Malin Deman, Poktan Jaya Mandiri Desa Tanjung Jaya Kecamatan Kecamatan Ipuh dan Poktan Mandiri Jaya Desa Talang Gading Kecamatan Sungai Rumbai.

“Masing-masing kelompok mendapat satu ekor sapi jantan dan selebihnya sapi betina. Dari jumlah tersebut dibagi untuk delapan kelompok,” terang Heri.

Menurutnya, bantuan sapi itu supaya Poktan melakukan pengembangan dengan sitem bergulir. Artinya dari sapi bantuan itu nantinya Poktan wajib mengembalikan.

“Misal satu ekor sudah berkemban satu, maka yang satu ekornya itu dikembalikan ke pemerintah. Untuk selanjutnya akan digulirkan ke Poktan yang belum pernah mendapatkan bantuan bibit sapi,” jelasnya.

Heri menyatakan, sapi bantuan tidak untuk dijual. Tapi harus dikembangkan supaya bertambah jumlahnya. Kemudian sapi-sapi bantuan tidak boleh dilepasliarkan. “Peliharan sapi bantuan ini dengan baik dan benar,” tegasnya.

Ditambahkan Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Distan Mukomuko, Wahyu Hidayat, Pemprov juga membantu ribuan benih padi dan jagung. Penerimanya Poktan di Kecamatan Selagan Raya. Jumlah benih padi sawah sebanyak 33 ribu kilogram untuk 1.230 hektar sawah. Benih jagung hibrida untuk lahan seluas 588 hektar sebanyak 8.820 kilogram. “Bantuan benih sudah diterima petani,” sebutnya.

Diantara Poktan yang menerima bantuan itu, yakni Poktan Danau Lebar dan Usaha Tani Desa Talang Buai. Poktan Bina Bersama Desa Sungai Ipuh II, Poktan Makmur Sentosa Desa Pondok Baru serta Poktan Setia Maju Desa Lubuk Bangko Kecamatan Selagan Raya.

Sedangkan penerima bantuan benih Jagung, Poktan Sungai Payang Desa Talang Buai, Poktan Wanita Usaha, Poktan Wanita Sepakat, Poktan Tanah Baru Desa Lubuk Bangko dan Poktan Talang Ajan Desa Sungai Ipuh II Kecamatan Selagan Raya.(hue)

Berita Lainnya

Akhir Oktober, APBDP Bisa Dibelanjakan

MUKOMUKO – Dinyatakan Kabid Anggaran Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko, Weni Jaro, M.Si, Perda APBD ...

error: Content is protected !!