Senin , 26 Agustus 2019
Home / Pemilu / Anggota DPRD Provinsi Terpilih Ditetapkan

Anggota DPRD Provinsi Terpilih Ditetapkan

Eko Sugianto

BENGKULU – KPU Provinsi Bengkulu akan menetapkan 45 anggota DPRD Provinsi Bengkulu terpilih siang ini. Penetapan ini pasca Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan Golkar dan PPP terhadap sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk perolehan suara DPRD provinsi.

Anggota Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Eko Sugianto mengatakan rapat pleno KPU Provinsi akan dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB di Hotel Nala Sea Side. Penetapan ini berdasarkan hasil pleno penghitungan perolehan suara DPRD Provinsi yang digelar KPU Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu. Ini dilakukan setelah MK mengeluarkan putusan tidak menerima gugatan dari Partai Golkar dan PPP terhadap sengketa PHPU untuk perolehan suara DPRD Provinsi.

“Penetapan perolehan kursi partai dan caleg terpilih untuk DPRD provinsi sempat tertunda karena kita masih menunggu putusan MK terhadap gugatan Golkar dan PPP,” kata Eko kepada RB, kamis.

Eko menerangkan, untuk empat permohonan gugatan ke MK dari Bengkulu sudah ada putusan inkrah (tetap, red). Untuk Partai Berkarya yang menggugat hasil perolehan suara DPR RI, dinyatakan gugur karena partai menarik diri dengan tidak hadir pada saat persidangan. Sedangkan gugatan Partai Golkar, PPP dan PKB tidak dapat diterima.

Lanjutnya, setelah ditetapkan KPU akan menyerahkan nama-nama anggota DPRD Provinsi terpilih kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur Bengkulu untuk dibuatkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai anggota DPRD Provinsi Bengkulu periode 2019-2024.

Terpisah, Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Edie Hartawan membenarkan bahwa pengusulan nama-nama anggota DPRD Provinsi terpilih kepada mendagri itu melalui gubernur. Setelah hasil penetapan anggota DPRD provinsi diterima gubernur, maka pihaknya akan langsung memprosesnya untuk diusulkan kepada kemendagri. “SK pengangkatan dewan provinsi ini memang dari Mendagri, tapi pengusulannya tetap melalui kita,” terangnya.(key)

Berita Lainnya

Jabatan Gubernur dan 8 Bupati Hanya 4 Tahun

BENGKULU – Masa jabatan gubernur-wagub dan bupati-wabup yang terpilih pada Pilkada Serentak 2020 nanti akan ...

error: Content is protected !!