Sabtu , 19 Oktober 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Peluang Kuliah Gratis

Peluang Kuliah Gratis

Eddy Aprianto

MUKOMUKO – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mukomuko Eddy Aprianto, SP, M.Si, mengatakan pemuda Kabupaten Mukomuko berpeluang melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah dengan beasiswa alias kuliah gratis. Pendaftaran dan ujiannya akan digelar di DKP Mukomuko.

Peluang tersebut terdapat di Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) Pariaman. Dengan tiga pilihan program studi (Prodi). Yakni Prodi Perikanan Tangkap, Prodi Permesinan Kapal dan Prodi Usaha Budidaya Ikan. “Semuanya program diploma III, A.Md,” kata Eddy, kemarin (8/8).

DKP Mukomuko lanjut Eddy, ditunjuk sebagai tempat pendaftarannya bagi warga Kabupaten Mukomuko. Bahkan, tes penerimaannya juga akan dilaksanakan di DKP Mukomuko. “Untuk Mukomuko, ditunjuk di DKP Mukomuko,” imbuhnya.

Disebutkan Eddy, peluang ini terbuka untuk umum. Dan hingga kemarin, sudah ada lima orang yang mendaftar. Tersedia dua jalur pendaftaran. Yakni jalur khusus yaitu jalur bagi pendaftar yang merupakan anak nelayan, anak dari pelaku utama perikanan yang dibuktikan dengan dokumen yang relevan.

Sedangkan jalur umum terbuka bagi siapapun tanpa harus latar belakang pekerjaan orangtuanya sebagai nelayan. “Nanti akan ada seleksi administrai, seleksi akademik, ujian fisik, pemeriksaan kesehatan dan wawancara,” jelas Eddy.

Pelaksanaan tes direncanakan tanggal 3-6 September 2019. Nanti akan diumumkan hasilnya pada 16 September 2019 secara online. Dengan masa pendaftaran terakhir, tanggal 26 Agustus 2019. Dan khusus untuk pendaftar yang mendaftar jalur khusus, tidak mengikuti seleksi akademik.

“Ini kesempatan, apalagi murni beasiswa. Ditanggung pemerintah, tentunya disediakan asrama untuk tempat tinggal. Jadi seorang Taruna kalau kuliah di Poltek KP ini. Walaupun yang kuliah di sini, bukanlah ikatan dinas,” demikian Eddy.(hue)

Berita Lainnya

Akhir Oktober, APBDP Bisa Dibelanjakan

MUKOMUKO – Dinyatakan Kabid Anggaran Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko, Weni Jaro, M.Si, Perda APBD ...

error: Content is protected !!