Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Awasi Pemotongan Hewan Kurban

Awasi Pemotongan Hewan Kurban

CEK : Petuga medis dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten RL melakukan pengecekan kesehatan sekaligus mendata jumlah hewan kurban yang disembelih di seluruh kecamatan. (foto: wanda/rb)

CURUP – Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong (RL), kemarin menerjunkan 10 petugas medis turun ke lapangan. Mereka sejak pagi melakukan pendataan dan pengecekan kesehatan hewan kurban di 15 Kecamatan Sekabupaten RL. Mereka juga dibantu petugas medis dari dua Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang ada di Kabupaten RL.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Perikanan Kabupaten RL Taman, SP, M.Si melalui Kabid Peternakan Hendrayani, S.Pt mengungkapkan, tenaga medis sudah diturunkan beberapa hari sebelum hari penyembelihan hewan kurban. Terutama pengecekan dan pengawasan dilakukan di tempat-tempat penampungan hewan untuk qurban hari raya Idul Adha.

‘’Petugas kita turunkan dan menyebar ke seluruh kecamatan sekabupaten Rejang Lebong. Pengecekan kesehatan hewan kurban kita laksanakan sebelum hari pemotongan. Secara umum tidak ada temuan yang mengkhawatirkan dan seluruh hewan kurban sudah dilaksanakan pemotongan secara baik,’’ terang Hendra.

Dari beberapa kecamatan, sambung Hendra, khusus untuk daging hewan kurban dinyatakan layak untuk dikonsumsi. Namun beberapa lokasi memang ditemukan pada jeroan hati yaitu cacing hati. Meskipun tidak berbahaya untuk dikonsumsi manusia, namun tetap mereka menyarankan kepada panitia kurban untuk tidak dibagikan kepada masyarakat.

‘’Ya, khusus hati sapi, tadi (kemarin, red) memang ada yang kita temukan cacing hati. Sebenarnya memang tidak berbahaya bagi manusia jika hatinya tetap mau dikonsumsi manusia. Tapi kepada panitia kurban, kita sarankan untuk tidak dibagikan kepada masyarakat khusus hati yang ditemukan cacing,’’ sambung Hendra.

Ditambahkan Hendra, dari data terakhir yang mereka himpun, pemotongah hewan kurban tahun ini mencapai 2.237 ekor. Rinciannya 775 ekor sapi, 20 ekor kerbau dan 1.442 ekor kambing. ‘’Total dari data yang kita dapatkan dilapangan, tahun ini ada 2.237 ekor hewan kurban yang dipotong. Dari data ini paling banyak berada di wilayah Kecamatan Curup dan Kecamatan Curup Tengah,’’ imbuh Hendra.(**)

Berita Lainnya

Waspada Kebakaran Lahan!

CURUP – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten RL terus bersiaga dengan personel dan armada mereka. ...

error: Content is protected !!