Rabu , 22 Januari 2020
Home / Daerah / Seluma / Bupati di Pasar Tais, Kapolda di Tumbuan

Bupati di Pasar Tais, Kapolda di Tumbuan

SERAHKAN: Bupati Seluma, H. Bundra Jaya, SH, MH menyerahkan Sapi kurban Pemkab Seluma secara simbolis kepada panitia Kurban Masjid Agung Baitul Falihin. Insert: Pemerintahan Desa Tumbuan, usai melakukan pemotongan Sapi Kurban Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol. Supratman, MH, Minggu (11/8). (foto: yayan/rb)

SELUMA – Sebanyak enam sapi dan 2 kambing langsung diserahkan Bupati Seluma, H. Bundra Jaya, SH, MH pada pengelola kurban di Masjid Baitul Falihin, Kelurahan Pasar Tais, Kecamatan Seluma. Penyerahan hewan kurban ini didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Irihadi S.Sos M.Si dan pejabat di ruang lingkup Pemkab Seluma, usai pelaksanaan salat Idul Adha, kemarin (11/8). Semua daging hewan kurban tersebut akan disebar dan dibagikan kepada masyarakat kurang mampu yang tersebar di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Seluma.
“Alhamdulillah ada  enam sapi dan dua kambing yang akan kita kurbankan. Proses pemotongan dan pembagian dagingnya semua kita serahkan ke panitia,” terang Bundra.

Dari enam Sapi yang diserahkan Pemkab Seluma tersebut, satu diantaranya adalah sapi kurban milik Bupati Seluma. Diketahui setiap tahunnya, orang nomor satu di Kabupaten Seluma ini selalu melaksanakan kurban dengan satu ekor sapi.
“Kurban itu wajib bagi umat Islam yang mampu untuk melaksanakannya. Sebagai wujud syukur atas nikmat yang telah diberikan sang pencipta,” kata Bundra.
Dijelaskan Bundra, di Idul Adha 1.440 Hijriah ini ada total 17 Sapi yang dikurbankan oleh Pemkab Seluma dan OPD dilingkungan Pemkab Seluma. Namun khusus 6 Sapi dan 2 ekor Kambing dari Pemkab Seluma, semua pemotongannya dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Falihin. Sedangkan untuk hewan kurban dari OPD, tekhnis pemotongannya langsung diserahkan pada OPD masing-masing.
“Untuk kurban dari OPD ini ada yang diserahkan langsung ke masyarakat dan ada juga yang melaksanakan pemotongan sendiri di OPD nya masing-masing,” ujar Bundra.
Kedepan, dirinya akan mengimbau setiap OPD di lingkungan Pemkab Seluma untuk berkurban. Sehingga dipastikan di Idul Adha 1441 Hijriah, jumlah hewan kurban Pemkab dan OPD Seluma akan bertambah dari jumlah kurban saat ini.
“Berkurban ini kan tidak susah, bisa sistem arisan. Satu sapi untuk 7 orang, yang pembayarannya sesuai dengan harga sapi tersebut. Jadi lebih ringan dan tidak ada alasan bagi OPD tidak melaksanakan kurban ini,” ungkap Bundra.
Sementara itu, Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol. Supratman, MH dan keluarga besarnya juga melaksanakan kurban yang pemotongannya diserahkan ke Pemerintahan Desa Tumbuan, Kecamatan Lubuk Sandi, kemarin (11/8). Sebanyak 3 ekor Sapi di serahkan oleh Kapolda yang merupakan kurban dari Kapolda, Sudirman Ail dan Tam Tam Ail. Semua daging kurban tersebut dipersembahkan kepada masyarakat Desa Tumbuan yang merupakan rumpun keluarga besar Kapolda Bengkulu.
“Total ada 7 Sapi yang dikurbankan. Tiga Sapi dari keluarga besar pak Kapolda dan 4 serta 7 kambing dari warga. Pemotongannya telah kita laksanakan, demikian juga dagingnya semua telah kita serahkan kepada yang berhak,” jelas Penjabat Kades Tumbuan, Nuriksan, Minggu (11/8). (aba)

Berita Lainnya

BKSDA Terjunkan Tim

SELUMA – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu meminta masyarakat untuk menjaga ekosistem bunga ...