Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Jangan Maknai Idul Adha Sebagai Ritual

Jangan Maknai Idul Adha Sebagai Ritual

PESAN: Bupati Hijazi menyampaikan beberapa pesan Idul Adha dalam pidatonya setelah melaksanakan Solat Id di Masjid Agung Baitul Makmur Minggu (11/8). (foto: wanda/rb)

CURUP – Bupati Rejang Lebong (RL) Dr. H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten RL, agar tidak memaknai pemotongan hewan kurban di hari Raya Idul Adha sebagai sebuah ritual. Karena menyembelih hewan kurban pada idul adha merupakan wujud ketaatan pada perintah Allah SWT, meneladani Rasul serta memperingati peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Isma’il.

Ini disampaikan Bupati Hijazi saat pelaksanaan Solat Id di Masjid Agung Baitul Makmur bersama masyarakat kemarin (11/8). ‘’Idul Adha bermakna keteladanan Ibrahim yang mampu mentranformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan. Peristiwa yang harus dimaknai sebagai pesan simbolik Agama, yang menunjukkan ketakwaan keikhlasan, dan kepasrahan seorang Ibrahim pada titah Sang Pencipta,’’ sampai Bupati Hijazi.

Atas dasar spirit itu, lanjut Hijazi, peringatan Idul Adha dan ibadah kurban memiliki dua makna penting sekaligus. Pertama, makna ketakwaan manusia atas perintah sang Khalik. Ditambahkan Bupati Hijazi, dihari Idul Adha yaitu hari kemarin 10 Dzulhijah 1440 Hijriah, berjuta-juta umat muslim dari penjuru dunia terhampar di padang ‘arafah untuk menunaikan Ibadah Haji yaitu Rukun Islam yang Kelima. ‘’Inilah hari besar kemanusiaan dan keimanan, ditandai dengan syi’ar penyembelihan hewan Qurban untuk mengenang peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim,’’ imbuh Bupati Hijazi.(**)

Berita Lainnya

Waspada Kebakaran Lahan!

CURUP – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten RL terus bersiaga dengan personel dan armada mereka. ...

error: Content is protected !!