Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Tingkatkan Makan Sayur

Tingkatkan Makan Sayur

KOTA MANNA – Dinas Ketahanan Pangan  Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) mengajak masyarakat untuk meningkatkan makan sayuran. Caranya, masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lokasi tanaman. Karena saat ini konsumsi sayur masyarakat BS dinilai masih sangat rendah.

Masyarakat BS masih sangat ketergantungan dengan beras untuk makanan pokok. Padahal makanan pokok tidak mesti beras. Adapun konsumsi beras masyarakat BS saat ini 140 kilogram per jiwa setiap tahunnya. Ini terbilang kurang ideal. Harusnya konsumsi beras cukup 120 kilogram per jiwa setiap tahunnya.

Karena itu Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten BS mendorong masyarakat agar lebih banyak makan sayuran karena akan lebih sehat. Tidak mesti harus beras.

Salah satu yang sangat dianjurkan yakni makanan yang terbuat dari ubi. Karena ubi diyakini lebih sehat bergizi dan seimbang. Namun supaya konsumsi ubi lebih meningkat, Dinas Ketahanan Pangan mengajar masyarakat memanfaatkan pekarangan rumh sebagai lahan untuk menanam ubi.

“Pemerintah juga ada program yakni makanan pokok masyarakat tidak mesti beras. Ubi juga bisa dikelola dan dibuat bervariasi jadi makanan bergizi sehat dan berimbang. Jadi manfaatkan lahan sekitar rumah untuk dijadikan menanam ubi-ubian,” ajak Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten BS, Ir. Iskandar AZ.

Apalagi tahun 2020 nanti, papar Iskandar, Kabupaten BS mewakili Provinsi Bengkulu ke tingkat nasional dalam lomba menciptakan makanan bergizi berimbang sehat dan aman.

Karena itu tingkat desa agar lebih aktif menciptakan makanan yang sehat dan kreatif yang terbuat dari ubi. Karena nanti akan ada lomba tingkat kecamatan yang diseleksi lagi ke tingkat kabupaten dan manjadi tim mewakili Kabupaten BS ke tingkat nasional.

‘’Jalan itu sudah terbuka untuk melaju ke tingkat nasional. Jadi terus kembangkan dalam untuk menciptakan makanan yang sehat bergizi dan seimbang,” jelas Iskandar. (tek)

Berita Lainnya

Mantan Bupati Bengkulu Selatan Reskan Effendi Bebas Bersyarat

PASAR MANNA – Akhirnya mantan Bupati Bengkulu Selatan periode 2010-2015 Reskan Effendi (Pak Bowo,red)  keluar ...

error: Content is protected !!