Senin , 26 Agustus 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Balda Bernilai Miliaran, Tanpa Memiliki Genset

Balda Bernilai Miliaran, Tanpa Memiliki Genset

GELAP GULITA: Tidak memiliki genset yang memadai, kegiatan di Balai Daerah menjadi gelap gulita karena listrik padam. (foto: peri/rb)

MUKOMUKO –Pembangunan Balai Daerah (Balda) dan Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Mukomuko, serta kompleknya, menguras dana lebih dari Rp 5 miliar. Tapi bangunan megah itu tidak dilengkapi fasilitas genset.

Dampaknya, setiap adanya pemadaman listrik yng terjadual atau listrik padam mendadak, membuat Balda tidak berdaya. Terlebih saat listrik padam malam hari, saat itu sedang menyambut tamu daerah atau acara lainnya. Suasana gelap langsung menyelimuti hingga menunggu listrik dari PLN kembali menyala.

Kondisi ini terjadi ketika Bupati Mukomuko gelar ramah tamah dalam acara pisah sambut kepala kejaksaan negeri (Kajari) Mukomuko. Listrik sempat padam sekitar 10 menit saat acara makan malam bersama. Tak ayal, lampu flash handphone pun dijadikan penerangan alternatif.

Balda bukan hanya tidak miliki genset yang memadai Namun juga tidak dilengkapi dengan lampu emergency. Tentu ini menjadi masalah apalagi saat sedang terjadi bencana gempa. Yang biasanya diikuti listrik padam. Balda akan sulit digunakan sebagai tempat warga berkumpul dan berlindung.

Saat ditemui Kabag Umum Setdakab Mukomuko Rahmad Hidayat S.Pi, M.Si, mengaku Rumdin Bupati sebenarnya punya satu unit genset, dan masih sangat layak dioperasikan.

Namun yang menjadi masalah genset yang ada tak bisa dipakai untuk menghidupi sejumlah peralatan yang ada. Meskipun hanya sekedar untuk menyalakan sejumlah bola lampu.

‘’Genset yang ada itu tidak mampu memenuhi untuk menerangkan listrk di Balai Daerah,” kata Rahmad.

Sekarang, lagi diusahakan pengadaan genset baru kapasitas 80 Kva. Berharap genset ini bisa menjadi solusi darurat ketika terjadi listrik padam. ‘’Dari 80 Kva itu, biasanya hanya sekitar 60 Kva yang dapat digunakan. Kini sedang pengadaan,” papar Rahmad.

Terkait ketersediaan lampu emergency, kata Rahmad, untuk  saat ini belum ada anggaran untuk pengadaan. Tetapi nant akan diajukan pengadaannya. Karena di Mukomuko terkadang sering terjadi listrik padam mendadak.

‘’Lampu emergency itu tak ada anggarannya. Mudah-mudahan kedepannya bisa dilengkapi,” demikian Rahmad.(hue)

Berita Lainnya

176 Jamaah Haji Mukomuko Tiba Pukul 9 Malam

MUKOMUKO – Sebanyak 176 jamaah haji asal Kabupaten Mukomuko akan tiba sekitar pukul 21.00 WIB ...

error: Content is protected !!