Senin , 24 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Bangun Irigasi Tersier

Bangun Irigasi Tersier

BENTENG – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Benteng, mulai membangun irigasi untuk mendukung produksi pertanian. Khususnya padi sawah di Kabupaten Bengeng. “Jumlahnya ada 9 irigasi,” terang Kepala Distanak Benteng, Drs. Supawan Said.

Dijelaskannya, irigasi yang dibangun adalah jenis irigasi tersier. Karena irigasi sekunder atau irigasi induk sudah lebih dulu dibangun oleh Pemprov Bengkulu. Irigasi ini dibangun di lokasi persawahan yang aktif dikelola petani. Misalnya di Kecamatan Pondok Kelapa, Pondok Kubang, Talang Empat, Karang Tinggi dan Taba Penanjung. Karena, di daerah ini lahan persawahan sangat membutuhkan aliran air irigasi. “Sementara lahan persawahan di Bang Haji Pematang Tiga kebanyakan adalah sawah tadah hujan,” katanya.

Distanak Benteng terus mengembangkan dan membangun sarana pertanian irigasi ini. Misalnya di Desa Sukarami Kecamatan Taba Penanjung, telah dibangun irigasi yang mampu mengairi 250 hektare lahan persawahan di wilayah tersebut.

Untuk kedepan, beberapa sarana irigasi akan tetap dibangun agar semua lahan persawahan di Kabupaten Benteng bisa tergarap maksimal. Untuk mengejar masa tanam lebih dari sekali dalam setahun. “Karena, selama ini lahan persawahan tidak bisa tergarap maksimal salah satunya karena kurangnya sarana pengairan sawah yakni irigasi,” tutupnya.(vla)

Berita Lainnya

Kabun Karet Tidak Tergarap Maksimal

BENTENG – Petani karet di Kabupaten Bengkulu Tengah, hingga kini belum mendapatkan harga yang sesuai. …