Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Bangun Jembatan Kendala dengan HL

Bangun Jembatan Kendala dengan HL

TINJAU: Bupati BS Gusnan Mulyadi meninjau jembatan Belly yang rusak di Dusun Tanjung Tengah Desa Suka Maju Kecamatan Air Nipis. (foto: rio/rb)

AIR NIPIS – Bupati Bengkulu Selatan (BS) Gusnan Mulyadi, SE, MM meninjau langsung jembatan Belly di Dusun Tanjung Tengah, Desa Suka Maju, Kecamatan Air Nipis yang rusak.

Tapi untuk memperbaikinya, saat ini Pemkab BS terkendala bahwa kawasan tersebut masuk dalam kawasan hutan lindung (HL) dan perlu koirdinasi pada pihak Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL).

Masyarakat sekitaar selama ini mengeluhkan jembatan Belly yang rusak. Karena jembatan tersebut merupakan akses penghubung menuju awasan sentra produksi. ‘’Karenanya Pemkab siap bangun jembatan baru,’’ jelas Gusnan.

Tapi untuk bangun jembatan tersebut, perlu dikaji dan kordinasi dengan pihak terkait. Ini agar tidak ada aturan yang dilanggar.

‘’Pemkab BS sebenarnya akan siap membangun jembatan penghubung menuju kawasan sentra produksi hamparan Datar Kepahiang. Tetapi, Pemkab tidak mau saat pembangunan jembatan nanti bertentangan dengan peraturan. Sebab kawasan itu, masuk hutan kawasan,’’ jelas Gusnan.

Kalau soal anggaran, tambah Gusnan, Pemkab Siap. Permasalahannya, diseberang jembatan masuk dalam hutan kawasan dan perlu dikaji serta koordinasi dengan pihak terkait agar tidak menimbulkan masalah,” jelas Gusnan.

Karena itu, bupati meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) agar segera koordinasi dengan pihak KPHL. “Semua harus dukung langkah Pemkab berkoordinasi dengan kehutanan, camat, dan warga. Segera ajukan usulan dukungan supaya jembatan secepatnya dibangun,” ajak Gusnan.

Terpisah, Kepala Desa Suka Maju Kecamatan Air Nipis, Suprianto, membeberkan jembatan Belly yang ada di wilahnya, sudah  delapan tahun rusak.

Jembatan tersebut, merupakan program TMMD. “Jembatan itu sangat penting, karena hasil pertanian, semua diangkut melalui jembatan Belly itu,” cerita Suprianto.(tek)

Berita Lainnya

Mantan Bupati Bengkulu Selatan Reskan Effendi Bebas Bersyarat

PASAR MANNA – Akhirnya mantan Bupati Bengkulu Selatan periode 2010-2015 Reskan Effendi (Pak Bowo,red)  keluar ...

error: Content is protected !!