Senin , 26 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Disdik Kembali Buka Tes GBD

Disdik Kembali Buka Tes GBD

ARGA MAKMUR – Dinas Pendidikan (Disdik) BU akan kembali membuka seleksi penerimaan Guru Bantu Daerah (GBD). Sebelumnya, dari 980 GBD yang bertugas di BU, 30 diantaranya sudah mundur karena lulus dalam tes CPNS tahun lalu.

Sedangkan 30 GBD yang lulus tersebut tidak bertugas lagi di sekolah asal sehingga ada beberapa sekolah yang kekurangan guru. Tes rencananya akan dilaksanakan paling lambat Oktober mendatang. Kadis Pendidikan BU, Dr. Agus Haryanto, MM mengatakan sebanyak 30 GBD yang lulus menjadi CPNS sudah tidak lagi menerima gaji sejak dilantik sebagai CPNS empat bulan lalu. Sehingga gaji mereka dengan total hampir Rp 200 juta akan dikembalikan ke kas Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa).

“Sedangkan kita masih membutuhkan GBD untuk mengisi pos yang ditinggalkan tersebut. Makanya kita berencana melakukan perekrutan lagi,” katanya.

Disdik BU baru mengajukan anggaran Rp 50 juta untuk pelaksanaan tes Oktober mendatang di APBD Perubahan yang kini tengah dibahas DPRD. Jika disetujui, maka Oktober nanti, 30 GBD hasil seleksi akan direkrut dan gajinya sudah dianggarkan di APBD. “Hanya saja gajinya menyesuaikan karena jika perekrutan berarti mereka tidak bisa sama dengan GBD yang sudah ada,” terangnya.

Agus menuturkan keberadaan GBD sangat penting untuk menutupi kekurangan guru di BU. Selama ini Disdik BU terus melakukan pemerataan, namun kekurangan guru masih menyebabkan beberapa sekolah kekurangan guru terutama guru PNS. “Sehingga salah satu solusinya kita menggunakan GBD, selain kita mengajukan tambahan CPNS ke Kemenpan-RB,” terangnya.(qia)

Berita Lainnya

Warning Pembakaran Lahan

ARGA AMAKMUR – Kasus ditetapkannya warga Enggano sebagai tersangka pembakaran lahan dan hutan yang kini ...

error: Content is protected !!