Rabu , 26 Februari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Disdukcapil Menuju Sertifikat ISO

Disdukcapil Menuju Sertifikat ISO

MUKOMUKO – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Mukomuko minta dana Rp 162 juta kepada Pemkab Mukomuko.  Dana sebesar itu berharap bisa diakomodir di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) Kabupaten Mukomuko Tahun Anggaran 2019.

Permintaan dana khusus itu guna mewujudkan pelayanan bersertifikat ISO. Ini dikatakan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Mukomuko H Badri Rusli, SH.

Anggaran itu kata Badri untuk mendatangkan konsultan bidang pelayanan. Ini tidak lain untuk memberikan bimbingan kepada petugas pelayanan. Sehingga bisa layani masyarakat lebih baik lagi. Konsultan ini juga nanti menerbitkan sertifikat ISO.

“Sesuai petunjuk yang kita dapatkan, harus siapkan anggaran paling tidak Rp 162 juta. Dana itu dialokasikan untuk bimbingan dari konsultan. Juga penerbitan sertifikat dari konsultan yang berkompeten,’’ jelas Badri.

Keharusan wujudkan pelayanan bersertifikat ISO dan standar internasional ini berdasar dari surat edaran (SE) Direktur Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Karena Dinas Dukcapil adalah pelayan terdepan pada masyarakat.

‘’Pelayanan kita termasuk yang terbaik di Provinsi Bengkulu. Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu menilai Mukomuko layak berstandar internasional. Tapi harus siapkan anggaran itu untuk mewujudkannya,” jelas Badri.

Dengan terwujud pelayan bersertifikat ISO dan rstandar internasional, kabupaten lain akan bisa gelar studi banding dengan tanpa perlu bepergian jauh-jauh ke daerah lain.

‘’Kabupaten lain pun tidak jauh-jauh lagi, bisa studi banding ke Mukomuko,” ujarnya.

Badri menambahkan, untuk kondisi sekarang pelayanan di Dinas Dukcapil Mukomuko sudah gunakan mesin antrean. Selain itu, ruangan pelayanan sudah dilengkapi air conditioner (AC). Jadi masyarakat nyaman saat menunggu antrean.

“Juga inovasi kami semua operator di Dinas Dukcapil harus serba bisa. Jadi masyarakat dalam mengurus kepentingan soal Dukcapil, tidak diulur-ulur,” ujar Badri.(hue)

Berita Lainnya

Menuju Masyarakat Industri

MUKOMUKO – Bupati Mukomuko H. Choirul Huda, SH mendeklarasikan mimpinya, mempersiapkan masyarakat Mukomuko menjadi masyarakat …