Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Metropolis / Pelantikan Dewan Kota Bakal Molor

Pelantikan Dewan Kota Bakal Molor

WAWANCARA: Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD Kota, Adil Sitepu saat diwawancarai oleh awak media, Senin (12/8). (foto: wahyu/rb)

BENGKULU – Pelantikan dan sumpah jabatan 35 Anggota DPRD Kota Bengkulu terpilih periode 2019-2024 bakal terancam molor. Pasalnya hingga kemarin (12/8), pihak Sekretariat DPRD Kota Bengkulu belum menerima Surat Keputusan (SK) pengangka­tan anggota DPRD Kota periode 2019-2014 sebagai bahan proses pelantikan anggota dewan kota. Padahal masa jabatan dewan yang lama sudah habis terhitung 21 Agustus 2019.

“Ya sampai sekarang belum ada masuk surat ke kita (SK pengangkatan Anggota DPRD Kota, red). Sementara kalau rancangan jadwal pelantikan dewan kota memang tanggal 21 Agustus ini,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD Kota, Adil Sitepu, Senin (12/8).

Selain itu, sambung Sitepu, pihaknya juga sebelumnya sudah mengirim surat kepada partai pemenang Pemilu untuk menyampaikan penunjukan pimpinan sementara saat sidang paripurna berlangsung. Namun hingga saat ini belum ada surat balasan dari Parpol pemenang Pemilu tersebut.

“Sebab nanti itu untuk pelantikan 35 anggota dewan terpilih akan dipimpin oleh pimpinan dewan sementara (ketua dan wakil ketua). Sedangkan untuk jadwal pimpinan dewan definitif (ketua, Waka I, Waka II) akan dilakukan setelah pelantikan anggota dewan. Biasanya jarak pelantikan pimpinan dewan definitif itu sebulan,” bebernya.

Sitepu juga menyebutkan, bahwa untuk anggaran menjalankan pelaksanaan pelantikan anggota dewan kota periode 2019-2024 tersebut hanya menggunakan anggaran sebesar Rp 75 juta. “Anggaran acara pelantikan dewan ini kita memang sangat efisien hanya sebesar Rp 75 juta. Ya mudah-mudahan anggaran itu mencukupi untuk pelaksanaan acaranya,” tuturnya.

Lebih lanjut Sitepu mengatakan, untuk fasilitas dewan kota yang baru tersebut hanya mendapatkan fasilitas berupa pakaian dinas baru. “Sedangkan untuk gaji perdananya mereka nanti akan langsung mendapatkan terhitung tanggal 1 September mendatang, meskipun mereka itu belum menjabat sebulan,” ungkapnya. (new)

Berita Lainnya

Distribusi BPNT, Dinsos Gandeng Karang Taruna

BENGKULU – Dinas Sosial Provinsi akan bekerja sama dengan Bulog Bengkulu untuk memasok kebutuhan komoditas ...

error: Content is protected !!