Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Pestisida Ditemukan dalam Sayur-sayuran

Pestisida Ditemukan dalam Sayur-sayuran

CEK: Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten BS temukan buah dan sayuran segar mengandung pestisida dan formalin. (foto: rio/rb)

PASAR MANNA – Dari hasil cek laboratorium, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), menemukan sayuran segar yang dijual di Pasar Ampera mengandung formalin dan pestisida.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten BS Ir. Iskandar AZ menyatakan berdasarkan uji lab terhadap pangan segar, adalah sembilan jenis sayuran serta tiga jenis buah-buahan ditemukan tomat, dan cabe besar asal Pagar Alam mengandung pestisida. Sedangkan buah buahan ditemukan jenis formalin.

‘’Padahal, dampak pestisida bagi kesehatan sangat berbahaya. Kalau terkonsumsi residu pestisida tidak mudah dikeluarkan dan akan mengendap dalam tubuh,’’ jelasnya.

Lebih lanjut dijelakannya residu pestisida Dalam jumlah kecil memang tubuh masih bisa  mentralisir. Tetapi kalau dikonsumsi terus menerus bias timbulkan gangguan kesehatan. Begitupun dampak pormalin sangat berbahaya bagi tubuh. Sebab kandungan dalam formalin bisa merusak bagian isi dalam tubuh.

Karenanya Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten BS menyarankan, pada seluruh masyarakat BS sebelum dikonsumsi, agar cabe maupun tomat dari Pagar Alam itu sebaiknya dicuci pakai air yang mengalir terlebih dahulu.

Begitu juga dengan buah buahan apel merah impor, sebelum dikonsumsi hendaknya dicuci bersih dengn air sabun. ‘’Pengecekan kita lakukan, supaya penjual buah dan sayur tau kalau barang yang mereka jual, berbahaya. Jadi pada masyarakat diimbau waspada dalam membeli buah maupun sayur,’’ ujar Iskandar AZ.(tek)

Berita Lainnya

Mantan Bupati Bengkulu Selatan Reskan Effendi Bebas Bersyarat

PASAR MANNA – Akhirnya mantan Bupati Bengkulu Selatan periode 2010-2015 Reskan Effendi (Pak Bowo,red)  keluar ...

error: Content is protected !!